Perancangan Casing Mesin DC Magnetron Sputtering

Authors

  • Hanifan Akbar Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Sonki Prasetya Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Iwan Susanto Program Studi Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

casing, magnetron sputtering, renewable energy, kerangka

Abstract

Energi baru dan terbarukan merupakan sumber energi yang berkelanjutan dan tidak menyebabkan perubahan iklim atau pemanasan global. Sel Surya merupkan energi terbarukan, sebagian besar pembuatan sel surya dengan menggunakan alat DC magnetron sputtering. Terdapat komponen-komponen yang dapat disusun sebagai sistem magnetron sputtering. Oleh karena itu, dibuatlah casing yang berfungsi untuk menempatkan komponen DC magnetron sputtering secara aman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah reverse engineering dengan memodifikasi bagian casing yang lebih efisien. Observasi dan studi literture adalah salah satu tahapan yang digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan data aktual dan data teori. Berdasarkan data observasi dan studi literatur, maka dilakukan perancangan dan pemilihan material menggunkan analisis kebutuhan. Untuk mengetahui keamanan dari rancangan ini, dilakukan simulasi pada kerangka yang di buat. Estimasi biaya di lakukan untuk mengetahui perkiraan biaya dalam pembuatan rancangan casing DC magnetron sputtering.Hasil dari yang dilakukan didapat kerangka total yang memiliki dimensi panjang 476 mm, lebar 400 mm, dan tinggi 960 mm. Dengan material yang digunakan adalah besi siku stainless steel AISI 304 dengan dimensi 20x20x3 mm.

References

Nurlaila and A. T. Yuianto, “PERKEMBANGAN ENERGI TERBARUKAN DI BEBERAPA NEGARA,” Prosiding Seminar Nasional Infrastruktur Energi Nuklir, pp. 11–21, 2019.

S. Prasetya, Li Li, G. Hunter, and J. G. Zhu, “Prospect of Renewable Energy Utilization in a Indonesian City through Microgrid Approach,” Australian Universities Power Engineering Conference, pp. 1–6, 2012, Accessed: Aug. 21, 2022. [Online]. Available: https://ieeexplore.ieee.org/document/6360215

R. N. Ilham, S. Prasetya, and A. Sukandi, “Sistem Monitoring Pendingin Pada Panel Surya Berbasis IoT,” 2021. [Online]. Available: http://prosiding.pnj.ac.id

D. A. Tunggadewi and F. Hidayanti, “Pembuatan Sel Surya Film Tipis dengan DC Magnetron Sputtering,” Jurnal Ilmiah GIGA, vol. 18, no. 1, pp. 30–34, 2015.

R. S. Khurmi and J. K. Gupta, “A textbook of machine design,” 2005.

E. Oberg and C. J. McCauley, Machinery’s handbook : a reference book for the mechanical engineer, designer, manufacturing engineer, draftsman, toolmaker, and machinist. Industrial Press, 2012.

R. Kresna, N. Suprapto, and L. A. Nendra Wibawa, “Desain dan Analisis Tegangan Rangka Alat Simulasi Pergerakan Kendali Terbang Menggunakan Metode Elemen Hingga,” JURNAL TEKNIK MESIN - ITI, vol. 5, no. 1, 2021.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Akbar, H., Prasetya, S., & Susanto, I. (2023). Perancangan Casing Mesin DC Magnetron Sputtering. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(2), 1486–1492. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/474

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>