RANCANG BANGUN SYSTEM OVERVIEW MONITORING CRITICAL INTERLOCK PADA AREA KILN TUBAN II BERBASIS DCS (DISTRIBUTED CONTROL SYSTEM)

Authors

  • Fina Andriani Politeknik Negeri Jakarta
  • Sonki Prasetya
  • Satyo Tamtomo
  • Priyo Pratejasmoyo

Keywords:

CCR, DCS, sistem interlock

Abstract

Cental Control Room (CCR) merupakan ruangan pengendali proses jarak jauh yang dikendalikan oleh operator khusus yang bertugas untuk mengendalikan, memantau, dan menjalankan seluruh proses operasional produksi dalam satu pabrik, serta CCR juga sebagai media komunikasi untuk memberikan informasi kepada karyawan yang bertugas dilapangan terkait dengan kondisi operasional pabrik. Saat ini proses pemantauan dan pengecekan status/kondisi sistem interlock dilakukan secara manual yaitu melakukan pencarian satu-persatu pada display monitor, sedangkan sistem interlock yang terpasang berjumlah ratusan sehingga membutuhkan waktu lebih dan memungkinkan terjadinya pengecekan berulang pada unit interlock yang sama. Bersasarkan hal tersebut munculah gagasan untuk membuat sistem overview monitoring critical interlock berbasis DCS (Distributed Control System) yang menampilkan status/kondisi dari sistem interlock secara kolektif pada satu display monitor. Total waktu tempuh pengecekan sistem interlock dengan jumlah sinyal interlock yang sama pada sistem monitoring sebelumnya adalah 24 menit dan pada sistem monitoring yang baru hanya membutuhkan waktu 5,24 detik. Selisih rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengecekan sistem interlock secara keseluruhan pada sistem monitring baru adalah 99,8 % lebih cepat dibandingkan dengan sistem monitoring yang lama.

References

E. S. Darmawan, "Penerapan Digital Manufacturing Jadi Kunci Penting Perusahaan Untuk Bersaing

di Era Industri 4.0", A. D. E, Ed., ed, 2022.

P. S. B. Indonesia. Technical Information System [Online]. Available: http://hc-tb-tis-srv/km/#

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Fina Andriani, Sonki Prasetya, Satyo Tamtomo, & Priyo Pratejasmoyo. (2023). RANCANG BANGUN SYSTEM OVERVIEW MONITORING CRITICAL INTERLOCK PADA AREA KILN TUBAN II BERBASIS DCS (DISTRIBUTED CONTROL SYSTEM). Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 772–781. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1859