RANCANG BANGUN HOPPER COAL MIXING UNTUK DUMPING TRUCK DI BELT CONVEYOR L11-BC3

Authors

  • Abdillah Makhasin Politeknik Negeri Jakarta
  • Hamdi,S.T., M.Kom. Politeknik Negeri Jakarta
  • Dedi Junaedi Politeknik Negeri Jakarta

Abstract

ABSTRAK

Belt conveyor merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mengangkut material yang berupa unit load atau bulk material secara mendatar atau miring dari satu tempat ke tempat lain. Komponen utama belt conveyor terdiri dari hopper/chute, head pulley, return roller, carrying roller, take up unit, bend pulley, impact roller, belt, dan cleaner. Hopper terletak dibagian pertama belt conveyor yang umumnya sebagai feeding material yang akan ditransfer. PT. Solusi Bangun Indonesia Tuban Plant sendiri akan dibuat equipment baru untuk transportasi batu bara, yaitu belt conveyor L11-BC3. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan percampuran beberapa tipe batu bara yang diharapkan bisa mengatasi permasalahan terhadap pengoprasian pada kiln yang fluktiatif dikarenakan kualitas batu bara yang bervariasi, Alat transportasi ini diharapkan bisa memperbaiki kualitas pada proses percampuran batu bara yang mana akan tercukupi supply panas pada kiln dan berpotensi memangkas biaya hingga Rp 3.333.586.503 per tahun, karena menghilangkan kegiatan percampuran batu bara yang dilakukan di PT. Solusi Bangun Indonesia sekarang yaitu menggunakan dump truck dan loader (double handling).

References

Karya Mandiri Engineering, "3 Jenis Batubara Menurut ISO," 3 February 2020. [Online]. Available: https://kmengineering.co.id/jenis-batubara-menurut-iso/.

PT. Solusi Bangun Indonesia, "Technical Information System Online," Manufactur production, 19 Agustus 2021. [Online]. Available: http://hc-tb-tis-srv/km/#. [Accessed 11 January 2023].

R. Barus, s. Komar and F. Suwardi, "Analisis Kinerja Belt Conveyor Untuk Optimalisasi pengangkutan Bijih Nikel Di PT. Aneka Tambang Tbk Upbn Pomala," 2017.

rumelcacorp, "Rumelca Corporation," Manufactur Production, 6 7 2013. [Online]. Available: https://rulmecacorp.com/how-to-calculate-hopper-drag-load-and-power/. [Accessed 23 April 2023].[5

Ricky Patel, Lorenzo Conveying Product, Specifying a Sliding Gate Valve for Tough Applications, Dated: January 2013.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Abdillah Makhasin, Hamdi,S.T., M.Kom., & Junaedi, D. (2023). RANCANG BANGUN HOPPER COAL MIXING UNTUK DUMPING TRUCK DI BELT CONVEYOR L11-BC3. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 878–886. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1693