Perencanaan Sistem Konfigurasi Kelistrikan pada Instalasi Panel Surya di Zam Zam Farm Garut

Authors

  • PUTRI SHAFATIARA ADISA Politeknik Negeri Jakarta
  • Cecep Slamet Abadi
  • Tatun Hayatun Nufus

Keywords:

Net Zero Emission, Renewable Energy, Solar powerplant

Abstract

Indonesia menghadapi perubahan signifikan dalam kualitas udara akibat peningkatan polusi partikel dari produksi energi batu bara, terutama melalui PLTU, yang berdampak pada emisi CO2 dan dampak negatif pada polusi udara. Program Net Zero Emissions (NZE) diperkenalkan sebagai respons untuk mencapai nol emisi pada 2050. Namun, peralihan dari PLTU ke energi terbarukan (EBT) menghadapi tantangan sendiri. Penelitian ini berfokus pada perencanaan PLTS melalui sistem konfigurasi dan single line diagram, memberikan wawasan mengenai peran energi terbarukan dalam mengurangi dampak polusi dan mendukung lingkungan bersih di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tujuan menganalisis data dalam bentuk angka atau ukuran numerik. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung di lapangan. Pada perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Zam Zam Farm Garut, digunakan panel surya dari produsen Trina Solar dengan daya 550 Wp sebanyak 44 buah serta inverter dari produsen Huawei berdaya 20 kW sebanyak satu buah. Sehingga sistem ini memiliki DC/AC ratio sebesar 1.21.

References

M. Greenstone and Q. (Claire) Fan, “Kualitas udara Indonesia yang memburuk dan dampaknya terhadap harapan hidup,” Air Qual. Life Index, pp. 1–10, 2019, [Online]. Available: https://aqli.epic.uchicago.edu/wp-content/uploads/2019/03/Indonesia.Indonesian.pdf

R. A. Aprilianto and R. M. Ariefianto, “Peluang Dan Tantangan Menuju Net Zero Emission (NZE) Menggunakan Variable Renewable Energy (VRE) Pada Sistem Ketenagalistrikan Di Indonesia,” J. Paradig., vol. 2, no. 2, pp. 1–13, 2021.

D. Danisworo, D. Yoesgiantoro, and S. Thamrin, “Utilization of the Potential of Solar Power Plant ( Plts ) At,” pp. 1–16, 2022.

A. Rachmi, B. Prakoso, Hanny Berchmans, I. Devi Sara, and Winne, “Panduan Perencanaan dan Pemanfaatan PLTS atap di Indonesia,” PLTS Atap, p. 94, 2020.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

PUTRI SHAFATIARA ADISA, Cecep Slamet Abadi, & Tatun Hayatun Nufus. (2023). Perencanaan Sistem Konfigurasi Kelistrikan pada Instalasi Panel Surya di Zam Zam Farm Garut. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 492–496. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1547