Simulasi Distribusi Udara Dalam Kabin Mobil Listrik Berkapasitas Dua Orang Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics

Authors

  • Adjie Agung Pratama Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Haolia Rahman Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur, Politeknik Negeri Jakarta
  • Yuli Mafendro Dedet Eka Saputra Program Studi Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

CFD, sistem pendingin udara, distribusi udara kabin, kecepatan, temperatur

Abstract

Sistem pendingin udara sudah menjadi pilihan standar pada sebagian besar kendaraan untuk meningkatkan kenyaman dan keselamatan berkendara. Simulasi distribusi udara bertujuan untuk mengetahui penyebaran temperatur dan kecepatan pada kabin kendaraan dengan posisi grill yang sudah ditentukan. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan yang dicari yaitu dengan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) menggunakan software SolidWorks-Flow Simulation. Model yang disimulasikan berupa kabin kendaraan berkapasitas dua orang dengan posisi duduk memanjang kebelakang. Variasi simulasi yang dipakai pada penulisan ini yaitu variasi kecepatan 2 m/s, 3 m/s, dan 4 m/s yang keluar dari grill ketika temperatur kabin 30℃ dan 46℃. Pada simulasi ini data didapatkan melalui eksperimen mulai dari beban radiasi, beban metabolic (manusia), suhu dan kecepatan grill. Hasil dari simulasi ini menunjukkan bahwa temperatur rata-rata dan kecepatan rata-rata pada skema pertama (suhu terendah kabin) dan skema kedua (suhu tertinggi kabin) meningkat seiring naiknya kecepatan udara pada outlet grill.

References

Arief Subekti, R., Sudibyo, H., Susanti, V., Maja Saputra, H. and Hartanto, A., (2014). Peluang dan Tantangan Pengembangan Mobil Listrik Nasional. 1st ed. Jakarta: LIPI Press, anggota Ikapi. 2. “Manfaat CFD Proses Simulasi CFD.” Manfaat CFD Proses Simulasi CFD, text-id.123dok.com, https://text-id.123dok.com/document/oy8l92rqr-manfaat-cfd-proses-simulasi-cfd.html.

C.-Y. Tseng, Y.-A. Yan, and J. C. Leong, “Thermal Accumulation in a General Car Cabin Model,” J. Fluid Flow, Heat Mass Transf., vol. 1, pp. 48–56, (2014), doi: 10.11159/jffhmt.2014.008.

H. Zhang, L. Dai, G. Xu, Y. Li, W. Chen, and W. Tao, “Studies of air-flow and temperature fields inside a passenger compartment for improving thermal comfort and saving energy. Part II: Simulation results and discussion,” Appl. Therm. Eng., vol. 29, no. 10, pp. 2028–2036, (2009), doi: 10.1016/j.applthermaleng.2008.10.006.

H. H. Al-Kayiem, M. F. B. M. Sidik, and Y. R. A. L. Munusammy, “Study on the thermal accumulation and distribution inside a parked car cabin,” Am. J. Appl. Sci., vol. 7, no. 6, pp. 784–789, (2010), doi: 10.3844/ajassp.2010.784.789.

A. Rameshkumar, S. Jayabal, and P. Thirumal, “Computational Analysis of Air Flow and Temperature Distribution in an Air Conditioned Car: a Review,” Int. J. Adv. Eng. Res. Dev., vol. 2, no. 04, pp. 1–6, (2015), doi: 10.21090/ijaerd.020473.

H. M. Kamar, N. Kamsah, and A. M. Mohammad Nor, “Numerical analysis of air-flow and temperature field in a passenger car compartment,” AIP Conf. Proc., vol. 1440, pp. 854–862, (2012), doi: 10.1063/1.4704296.

T. Orzechowski and Z. Skrobacki, “Evaluation of thermal conditions inside a vehicle cabin,” EPJ Web Conf., vol. 114, pp. 1–5, (2016), doi: 10.1051/epjconf/201611402085.

T. Thumma and S. R. Sheri, “Unsteady MHD Free Convection Flow past a Vertical Porous Plate Considering Radiation and Volume Fraction Effects in a Nanofluid,” Int. Adv. Res. J. Sci. Eng. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 197–205, (2015), doi: 10.17148/IARJSET.

T. Advancements, S. Singh, A. Mehta, and V. Gupta, “Car Cabin Thermal Accumulation Analysis of At Various Points,” Int. J. Sci. Tech. Adv., vol. 2, no. 4, pp. 151–154, (2016).

S. Ibrahim and R. C. Mehta, “An investigation of air flow and thermal comfort of modified conventional car cabin using computational fluid dynamics,” J. Appl. Fluid Mech., vol. 11, no. Specialissue, pp. 141–150, (2018), doi: 10.36884/jafm.11.SI.29431.

T. Han, L. Huang, S. Kelly, C. Huizenga, and Z. Hui, “Virtual thermal comfort engineering,” SAE Tech. Pap., no. January (2003), doi: 10.4271/2001-01-0588.

Published

2022-12-01

How to Cite

Pratama, A. A., Rahman, H., & Eka Saputra, Y. M. D. (2022). Simulasi Distribusi Udara Dalam Kabin Mobil Listrik Berkapasitas Dua Orang Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 933–941. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/134

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>