IMPLEMENTASI K-MEANS CLUSTER DALAM MENENTUKAN KONSEP KEMASAN NUMANY PEYEK BERDASARKAN KANSEI ENGINEERING

Authors

  • Vita Anggraini Akkili Politeknik Negeri Jakarta
  • Novi Purnama Sari
  • Muryeti

Abstract

Sebanyak 96,8% responden menganggap kemasan UMKM Numany Peyek belum sesuai, karena masih menggunakan plastik sebagai kemasan utama. Berbagai keluhan disampaikan oleh konsumen seperti kemasan tidak praktis karena tidak dapat ditutup kembali dan kemasan tidak informatif karena tidak adanya informasi yang lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemasan dengan mengindentifikasi konsep berdasarkan emosi konsumen. Perancangan kembali kemasan sesuai emosional konsumen menggunakan metode Kansei Engineering. Keinginan konsumen sangat penting dalam melakukan proses pengembangan kemasan agar kemasan yang dihasilkan memiliki dampak emosional bagi konsumen. Selain menggunakan Kansei Engineering terdapat metode pendukung lainnya, seperti Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF) yang digunakan untuk mengekstraksi kata Kansei dan K-Means Cluster untuk membantu proses pengelompokkan kata Kansei. Sampel terpilih sebanyak 35 sampel, kata Kansei didapatkan sebanyak 44 yang merupakan hasil ekstraksi dengan metode TF-IDF dan diuji validasi sehingga menjadi 20 kata Kansei. Hasil penelitian dengan menggunakan metode K-Means Cluster menghasilkan 2 konsep ''Modern'' dan ''Praktis''.

References

N. L. D. I. D. Sari, “Elemen Visual Kemasan Sebagai Strategi Komunikasi

Produk,” J. Komun. PROFETIK, vol. 6, no. 1, pp. 43–52, 2013.

S. Sulistiono and M. Mulyana, “Pelatihan Pengembangan Merek Dan

Kemasan Bagi UMKM Kota Bogor,” J. Abdimas Dedik. Kesatuan, vol. 1,

no. 2, pp. 87–94, 2020, doi: 10.37641/jadkes.v1i2.512.

D. Rahmayanti, D. Meilani, H. R. Zadry, and D. A. Saputra, Perancangan

Produk dan Aplikasinya. 2018.

M. Yola, F. Dafi, M. Hartati, and W. Anggraini, “Re-Design Kemasan

Keripik Nenas Berdasarkan Persepsi Konsumen,” Semin. Nas. Teknol.

Informasi, Komun. dan Ind., pp. 502–510, 2020.

Zulkarnain, “Strategi Konsep Desain Kemasan Kopi Specialty Untuk

Industri Skala Mikro,” J. Desain, vol. 8, no. 1, pp. 17–26, 2020, doi:

http://dx.doi.org/10.30998/jd.v8i1.6491 STRATEGI.

R. Nugrahani, “Peran Desain Grafis Pada Label Dan Kemasan Produk

Makanan Umkm,” Imajin. J. Seni, vol. 9, no. 2, pp. 127–136, 2015, [Online].

Available:

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/article/view/8846

A. A. Ahmady, “Perancangan Desain Packaging Produk Healthi Rice Guna

Meningkatkan Brand Awareness,” Stikom Surabaya, 2017.

M. R. Hantoro and B. Mardiono, “Eksplorasi Desain Kemasan Berbahan

Bambu sebagai Produk Oleh-oleh Premium dengan Studi Kasus Produk

Makanan UKM Purnama Jati Jember,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 7, no. 1,

pp. 68–71, 2018, doi: 10.12962/j23373520.v7i1.30041.

D. Delfitriani, D. Diki, and F. Uzwatania, “Pengembangan Konsep Desain

Kemasan Produk Handsanitizer dengan Pendekatan Kansei Engineering,” J.

Agroindustri Halal, vol. 8, no. 1, pp. 13–20, 2022.

T. S. Bhayukusuma and A. Hadiana, “Ekstraksi TF-IDF untuk Kansei Word

dalam Perancangan Interface E-Kinerja,” J. Inf. Technol., vol. 3, no. 1, pp.

–16, 2021, doi: 10.47292/joint.v3i1.44.

S. B. Sutono, “Selection of representative Kansei adjectives using cluster

analysis: a case study on car design,” Int. J. Adv. Eng. Manag. Sci., vol. 2,

no. 11, pp. 1885–1891, 2016.

M. Nagamachi and A. M. Lokman, Kansei innovation: Practical design

applications for product and service development. 2015.

M. Nagamachi and A. M. Lokman, Innovatins of Kansei Engineering. 2016.

T. S. Bhayukusuma and A. Hadiana, “Ekstraksi TF-IDF untuk Kansei Word

dalam Perancangan Interface E-Kinerja,” J. Inf. Technol., vol. 3, no. 1, pp.

–16, 2021, doi: 10.47292/joint.v3i1.44.

Sari NP. 2019. Perencanaan dan Pengembangan Kemasan: Kansei

Engineering. PNJ Press: Jakarta.

N. P. Sari, J. Immanuel, and A. Cahyani, “Aplikasi Kansei Engineering Dan

Fuzzy Analytical Hierarchical Process Dalam Pengembangan Desain

Kemasan,” J. Print. Packag. Technol., vol. 1, pp. 9–21, 2020, [Online].

Available: http://jurnal.pnj.ac.id/index.php/ppt/article/view/2469/0

O. I. Gifari, M. Adha, I. R. Hendrawan, and F. F. S. Durrand, “Analisis

Sentimen Review Film Menggunakan TF-IDF dan Support Vector

Machine,” J. Inf. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 36–40, 2022, doi:

46229/jifotech.v2i1.330.

E. A. Saputra and Y. Nataliani, “Analisis Pengelompokan Data Nilai Siswa

untuk Menentukan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Clustering KMeans,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 3, no. 3, pp. 424–439, 2021, doi:

51519/journalisi.v3i3.164.

A. Abdulhafedh, “Incorporating K-means, Hierarchical Clustering and PCA

in Customer Segmentation,” J. City Dev., vol. 3, no. 1, pp. 12–30, 2021, doi:

12691/jcd-3-1-3.

Downloads

Published

2024-01-09