Desain Logo Sebagai Representasi Brand Krisna Productions

Authors

  • Nabilla Nita Dewani Politeknik Negeri Jakarta
  • Nabila Fajrina
  • Rachmah Nanda Kartika

Keywords:

UMKM, Logo, Tradisional Jawa, Wedding Organizer

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan sebuah sektor usaha yang bergerak dalam berbagai bidang. Salah satu bisnis UMKM yang bergerak dalam bidang jasa yaitu Krisna Productions dan telah berdiri sejak tahun 2008. Bisnis ini merupakan sebuah jasa layanan pernikahan dengan memanfaatkan budaya Jawa yang berada di wilayah kabupaten Karawang. Namun selama ini Krisna Productions belum memiliki logo yang resmi karena selalu berubah-ubah dan tidak konsisten dalam penggunaannya sehingga citra brand yang dimiliki oleh Krisna Productions sulit tersampaikan kepada konsumen. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan perancangan desain logo untuk merepresentasikan brand. Untuk memenuhi tujuan tersebut maka dilakukan pengumpulan data dengan mix methods yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, kuesioner dan studi literatur. Setelah itu, dilakukan analisis data dengan membuat SWOT Matriks dan STP (Segmenting, Targetting, Positioning) sehingga terbentuknya arahan kreatif yang akan menjadi acuan dalam proses desain. Pada tahap metode riset desain dimulai dari perancangan konsep visual berupa mindmap dan moodboard. Proses selanjutnya adalah membuat sketsa manual dan digitalisasi hingga mendapatkan desain terpilih. Dari desain akhir tersebut diimplementasikan kedalam beberapa media turunan sesuai dengan kebutuhan klien seperti graphic standard manual, business card, cue card, inovoice book, stand x-banner, brosur. Setelah itu, dilakukannya metode testing melalui online survey sehingga didapatkan kesimpulan bahwa 80% responden setuju bahwa logo tersebut telah merepresentasikan brand. Dengan adanya desain logo pada Krisna Productions diharapkan dapat menjadi solusi desain dan dapat bermanfaat untuk pengembangan pada usaha ini.

References

Sampetoding, omega rini. 2017. Pengaruh Nilai Budaya Dan Perilaku

Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM (Studi Pada UMKM Rumah Makan di

Toraja Utara). 5. Jurnal FEB. Vol 2.

Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. 2023. Pentingnya Peran Logo Dalam

Membangun Branding pada UMKM. Jurnal Jesya, 6(1), 674–681.

Said, A. A. 2017. Mendesain Logo. Jurnal FSD UNM Makassar. Vol. 6, No. 3.

Ismitiara, M., Jonathan, R., & Effendi, M. 2022. Pengaruh Brand Identity dan

Brand Positioning Terhadap Pembentukan Brand Image dan Sikap pada Produk

Gery Garuda Food di Samarinda. Jurnal Manajemen & Akuntansi. Vol 10. No. 3

Azelia, N. C., & Patria, A. S. 2022. Perancangan Identitas Visual UMKM

Ecoprint Girly Lestari di Surabaya. Jurnal SASAK, 4(2), 93–103.

Nugraeni, E. G. 2022. Perancangan Ulang Identitas Visual UMKM Nagari Kopi

Mojokerto Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Equivalent: Jurnal Ilmiah

Sosial Teknologi, 4(2), 164–174. Vol. 4. No. 2.

Tisnadiwangsa, S. G., Soewardikoen, D. W., & Fauzy, M. T. (n.d.). 2021.

Perancangan Identitas Visual dan Media Promosi UMKM Sambal Bawang MM.

e-Proceeding of Art & Design : Vol.8, No.6

Downloads

Published

2024-01-09