Desain Identitas Visual Brand Bintang Pendidikan

Authors

  • Najla Shabrina Febrianissa Politeknik Negeri Jakarta
  • Dina Martin
  • Nabila Fajrina

Abstract

Bintang Pendidikan adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang percetakan dan penerbitan buku pendidikan anak TK dan PAUD. Permasalahan yang tengah dihadapi adalah selama 25 tahun berdiri, bintang pendidikan belum memiliki identitas visual sebagai media pengenalan. Hal tersebut dapat berakibat menurunkan kepercayaan konsumen serta membuat konsumen mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi produk Penerbit Bintang Pendidikan. Oleh karena itu, dibutuhkan perancangan identitas visual untuk Penerbit Bintang Pendidikan yang dapat menggambarkan citra perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kesadaran merek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi literatur untuk mengumpulkan dan mengolah data yang tepat untuk digunakan dalam perancangan. Hasil dari perancangan identitas ini adalah logo bintang pendidikan beserta elemen lainnya seperti warna, tipografi, dan supergraphics. Identitas visual tersebut diaplikasikan ke media pendukungnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan elemen desain dan teori gestalt pada identitas visual yang dapat membantu dalam menghasilkan logo yang merepresentasikan citra perusahaan dengan baik, dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran merek dan kepercayaan konsumennya.

References

A. A. Said, "Mendesain Logo", J.tanra, vol.6, no.3, 2019.

C. N. De Riandra, and M. A. Islam, "Perancangan Identitas Visual Catering & Bakery Cherry", J.unesa. vol. 2, no. 2, 2021.

K. Goldstein, "Visual identity: What it is and why it matters for your brand", Agu. 29, 2021. https://www.wix.com/blog/visual-identity (accessed Jun. 8, 2023)

S. L. Dewi, "Akankah Buku Konvensional Punah di Tengah Era Digitalisasi", Nov. 26, 2021. https://www.kompasiana.com/sekarlestaridewi3407/akankah buku-konvensional-punah-di-tengah-era-digitalisasi (accessed Apr. 29, 2023).

L. Anggaraini, and K. Nathalia, "Desain Komunikasi Visual : Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula", Penerbit Nuansa Cendekia, Jan. 2018.

S. Rustan, "Mendesain Logo", Gramedia Pustaka Utama, Nov. 2019. [7] T. Djara, "Perancangan Logo untuk Corporate Identity Percetakan GradeaYogyakarta dengan Menggabugkan Gaya Logotype (Word Mark) dan Logogram (Picture Mark) Feb. 9, 2012.

Downloads

Published

2024-01-09