PENENTUAN KONSEP DESAIN KEMASAN ASINAN KHAS BETAWI DENGAN METODE ANALISIS FAKTOR

Authors

  • Anandya Devi Adrianty Politeknik Negeri Jakarta
  • Novi Purnama Sari Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

konsep desain, kansei engineering, analisis faktor

Abstract

Asinan Khas Betawi sebagai ciri khas kuliner daerah Jakarta yang digemari oleh banyak kalangan ini ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda sejak tahun 2021. Namun, sangat disayangkan kemasan Asinan Khas Betawi umumnya masih menggunakan plastik kiloan tanpa label informasi yang jelas. Berdasarkan hasil survei, sebanyak 86% konsumen menyampaikan keluhannya seperti kurang praktis, kurang melindungi produk, kurang higienis, tidak informatif, dan membuat produk tidak tahan lama. Sehingga perlu adanya pengembangan kemasan untuk memperbaiki kemasan asinan saat ini. Pengembangan kemasan dapat dilakukan berdarkan preferensi konsumen. Dalam mengembangakan desain kemasan dibutuhkan adanya suatu konsep desain. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis preferensi konsumen terhadap kemasan produk Asinan Khas Betawi dan menerjemahkannya ke dalam suatu konsep desain. Metode yang digunakan dalam penentuan konsep desain Asinan Khas Betawi yaitu metode Kansei Engineering yang didukung dengan Analisis Faktor. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan 31 kata Kansei dan 40 sampel kemasan sebagai acuan dalam menentukan konsep desain. Penentuan konsep desain menggunakan metode Analisis Faktor dengan bantuan software RStudio  menghasilkan 4 konsep perancangan desain kemasan Asinan Khas Betawi diantarannya Modern Colorful, Praktis, Fungsional dan Elegan.

References

T. Yuliaty, C. S. Shafira, and M. R. Akbar, “Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global,” Mbia, vol. 19, no. 3, pp. 293–308, 2020, doi: 10.33557/mbia.v19i3.1167.

A. Muhammad and U. Kalsum, “Inovasi Desain Kemasan Produk Rumah Makan Bonelo,” Admit J. Adm. Terap., vol. 1, no. 1, pp. 30–41, 2023, doi: 10.33509/admit.v1i1.2077.

M. Firmansyah, “DKI meloloskan 6 karya budaya sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia 2021,” alinea.id, 2021. https://www.alinea.id/gaya-hidup/6-budaya-sebagai-warisan-budaya-tak-benda-indonesia-2021-b2cDI98cx (accessed Jul. 24, 2023).

M. E. Apriyanti, “Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan,” Sosio e-kons, vol. 10, no. 1, p. 20, 2018, doi: 10.30998/sosioekons.v10i1.2223.

W. N. Fauziyah and L. S. Julaeha, “Pengaruh Desain Kemasan Terhadap Pembelian Impulsif yang Dimediasi Emosi Positif (Studi Kasus di Instagram @superjunior_elfindonesia)20220514,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 8, no. 7, pp. 111–122, 2022, doi: 10.5281/zenodo.6548380.

I. Noorwatha, Pengantar Konsep Desain Interior. Pusat Penerbitan LP2MPP Institut Seni Indonesia Denpasar, 2018. [Online]. Available: www.nulisbuku.com

C. Putri Layla, N. Purnama Sari, T. Grafika dan Penerbitan, T. Industri Cetak Kemasan, P. Negeri Jakarta, and J. G. Siwabessy, “Perancangan Desain Kemasan Corn Dog Menggunakan Metode Kansei Engineering,” Pros. Semin. Nas. Tetamekraf, vol. 1, no. 2, pp. 217–225, 2022.

D. A. H. Donida, H. Prastawa, and M. Mahacandra, “Perancangan Desain Kemasan Produk Carica dengan Konsep Kansei Engineering dan Model Kano,” Ind. Eng. Online J., vol. 8, no. 2, pp. 1–13, 2019, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/23753

A. A. Pradhana, “Perbaikan Kemasan Geplak Dengan Metode Kansei Engineering Pada UKM Geplak Bantul Bu Warti,” 2020, [Online]. Available: http://e-journal.uajy.ac.id/22567/%0Ahttp://e-journal.uajy.ac.id/22567/1/0608156 0.pdf

D. Delfitriani, Diki, and F. Uzwatania, “Pengembangan Konsep Desain Kemasan Produk Handsanitizer dengan Pendekatan Kansei Engineering,” J. Agroindustri Halal, vol. 8, no. 1, pp. 13–20, 2022, doi: https://orcid.org/0000-0002-6862-4237.

N. A. Rohmah, G. Ranti, and B. C. H. Nendissa, “Pengembangan Produk Kosmetik Pelembab Wajah dengan Metode Kansei Engineering,” J. IPTEK, vol. 4, no. 1, pp. 21–26, 2020, doi: 10.31543/jii.v4i1.157.

Y. R. Ramadhan, “Implementasi Kansei Engineering Dalam Desain Tampilan Website Perguruan Tinggi,” J. Teknol. Rekayasa, vol. 3, no. 1, p. 71, 2018, doi: 10.31544/jtera.v3.i1.2018.71-78.

D. E. Pratiwi and A. Harjoko, “Implementasi Pengenalan Wajah Menggunakan PCA (Principal Component Analysis),” IJEIS (Indonesian J. Electron. Instrum. Syst., vol. 3, no. 2, 2013, doi: https://doi.org/10.22146/ijeis.3892.

M. A. Hanafiah and A. Wardhana, “Analisis Faktor-Faktor Preferensi Konsumen (Studi Pada Armor Kopi Bandung),” in e-Proceeding of Management, 2019, vol. 6, no. 1, pp. 860–867.

M. Nagamachi and A. M. Lokman, “Kansei Innovation,” Kansei Innov., 2015, doi: 10.1201/b18054.

G. O. Siregar and N. Wahyudi, “Perancangan Surface Design Bakso Titoti Khas Wonogiri” vol. 1, no. 2, pp. 183–191, 2022.

H. Puspasari and W. Puspita, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19,” J. Kesehat., vol. 13, No. 1, P. 65, 2022, Doi: 10.26630/Jk.V13i1.2814.

M. A. Purnama And F. R. Rinandi, “Penerapan Metode Kansei Engineering Dalam Perancangan Antarmuka Website ( Studi Kasus : Walanja Online Travel Agent ),” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 6, 2023.

N. P. Sari, Perencanaan & Pengembangan Kemasan Kansei Engineering. PNJ Press, 2019.

S. N. Rahmadhani, “Pengaruh Marjin Laba Bersih Dan Pengembalian Atas Ekuitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Industri Barang Konsumsi,” J. Akunt. DAN BISNIS J. Progr. Stud. Akunt., vol. 5, no. 2, p. 170, 2019, doi: 10.31289/jab.v5i2.2795.

H. Himayati, N. W. Switrayni, D. Komalasari, and N. Fitriyani, “Analisis Rotasi Ortogonal pada Teknik Analisis Faktor Menggunakan Metode Procrustes,” Eig. Math. J., vol. 03, no. 01, pp. 45–55, 2020, doi: 10.29303/emj.v3i1.66.

Downloads

Published

2024-01-09