Desain Identitas Visual Sebagai Media Branding UMKM Foodey's

Authors

  • Saskia Deanaya Megaputri Politeknik Negeri Jakarta
  • Andriyanto
  • Wiwi Prastiwinarti

Keywords:

Identitas Visual, UMKM, Media branding, Kuliner

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Foodey’s adalah sebuah usaha rumahan dibidang kuliner yang menjual paket nasi bakar, nasi tumpeng, aneka cemilan pasar, kue tart dan puding dengan kualitas premium karena dibuat menggunakan bahan baku yang bernilai tinggi. Sejak 2016, UMKM Foodey’s belum memiliki logo serta keseluruhan tampilan identitas yang konsisten, baik pada media cetak maupun onlinenya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang identitas visual UMKM Foodey’s dengan mengangkat citra barunya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan melakukan observasi, wawancara, studi literatur dan survei serta menggunakan metode analisis STP, analisis SWOT, dan creative brief/arahan kreatif. Hasil perancangan berupa logo berjenis combination mark dengan konsep desain premium, minimalis, dan homemade. Desain identitas visual diturunkan serta disusun pada media utama Graphic Standard Manual, serta media pendukung lainnya berupa buku nota pembelian, poster menu, kartu nama, x-banner, desain feed dan story media sosial (Instagram), serta label logo kemasan. Diharapkan dengan adanya perancangan identitas visual dengan citra baru UMKM Foodey’s dapat mengembangkan usahanya melalui tampilan baru pada media cetak beserta media online (media sosial).

References

D. Mulyana et al., “Perancangan Identitas Visual Pada UMKM Mieyen

Di Kota Depok, Jawa Barat,” J. PEDES-Pengabdi. Bid. DESAIN, vol. 1,

no. 1, pp. 42–45, 2021.

F. J. Calvalie, J. G. Warjoyo, and P. I. Harjani, “Perancangan Ulang

Identitas Visual dari Sebuah UMKM Produk Kue di Tangerang,” Rupaka,

vol. 4, no. 1, 2021.

C. N. de Riandra and M. A. Islam, “Perancangan Identitas Visual Catering

& Bakery Cherry,” BARIK, vol. 2, no. 2, pp. 43–56, 2021.

M. R. Justin, R. Rohiman, and A. Darmawan, “Desain Identitas Visual

pada UMKM Ruang Keramik Studio Kota Metro Lampung,” Gorga J.

Seni Rupa, vol. 11, no. 1, pp. 156–164, 2022.

A. Listya and Y. Rukiah, “Visual Branding Produk Belimbing Olahan

UMKM Depok Melalui Desain Logo,” Demandia J. Desain Komun.

Vis. Manaj. Desain Dan Periklanan, vol. 3, no. 02, pp. 199–218, 2018.

Downloads

Published

2024-01-09