Perancangan Desain Kemasan Produk Bundling Dengan Konsep Giftbox Untuk Milkyours Dessert Bar

Authors

  • Mohamad Oktafalen Linota Juuna Politeknik Negeri Jakarta
  • Sujendro Hery Nugroho
  • Tiyas Maheni

Keywords:

Giftbox, Kemasan, Produk Bundling

Abstract

Di masa ini, camilan jenis dessert tidak hanya sebagai menu pelengkap, namun menjadi salah satu pilihan utama bagi pencinta kuliner sebagai camilan. Dengan hal ini, beberapa usaha kuliner dessert pun semakin berkembang. Milkyours Dessert Bar  merupakan usaha yang menyajikan beberapa camilan dessert harus melakukan inovasi dan strategi agar dapat bersaing terhadap kompetitor. Strategi yang dapat dilakukan Milkyours Dessert Bar adalah menjual produk bundling, yaitu penjualan beberapa produk dalam satu paket. Konsep produk bundling berupa giftbox yang dapat diberikan kepada teman atau kerabat sesuai dengan keinginan pembeli. Maka dari itu, dibutuhkan kemasan khusus produk bundling dengan konsep giftbox yang dapat melindungi sekaligus mempromosikan produk bundling.Tujuan perancangan desain kemasan ini adalah membuat kemasan produk bundling dengan konsep giftbox untuk meningkatkan daya beli terhadap produk bundling Milkyours Dessert Bar. Metode yang digunakan adalah gabungan dari pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan melibatkan wawancara, studi literatur, observasi, dan kuesioner. Data yang diperoleh dari metode-metode tersebut diolah secara kreatif untuk menentukan konsep desain keseluruhan. Konsep desain yang mengacu pada hasil brainstorming dari masalah, solusi, serta ide kreatif. Dari proses tersebut menghasilkan desain kemasan produk bundling dengan konsep gabungan dari objek pita dan produk bundling dengan gaya minimalis, elegan dan modern sesuai dengan konsep giftbox dan brand. Selain itu, terdapat beberapa media pendukung yang ada pada produk bundling seperti Wish Card, Loyalty Card, Stiker, Paper BagHang Tag, dan Label Produk dengan konsep desain media utama. Desain kemasan produk bundling dengan konsep Giftbox diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat serta meningkatkan brand awareness terhadap Milkyours Dessert Bar.

References

R. P. Sukmawati and A. M. Huda, “Efektivitas Terpaan Media Tiktok Sebagai Sarana Promosi Produk Bittersweet By Najla,” The Commercium, vol. 05, no. 01, p. 158, 2022.

R. S. Agustina, “Bundling Product Sebagai Perjanjian Kerjasama Antara Bank dan Perusahaan Asuransi (Bancasurrance) Dikaitkan Dengan Persaingan Usaha Yang Tidak Sehat,” Jurnal Ilmiah Hukum dan Keadilan, vol. 7, no. 1, p. 96, 2020.

Rismawati, F. Idayati, Y. Rahayu, and Sapari, “Packaging, Bundling dan Pengelolaan Keuangan Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Bersama Di Singosari Malang,” HUMANISM Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 3, p. 263, Dec. 2022.

S. I. Fahlevi, “Bundle Produk untuk Membuat Produk Gabungan dengan Satuan Berbeda,” Mekari Jurnal, Jan. 11, 2023. https://www.jurnal.id/id/blog/fitur-terbaru-bundle-produk-membuat-produk-gabungan-dengan-satuan-berbeda/ (accessed Jun. 24, 2023).

N. Wahyudi and S. Satriyono, Mantra Kemasan Juara, 1st ed. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.

Downloads

Published

2024-01-09