ANALISIS PENERAPAN SIX SIGMA DALAM MEMINIMALISASI DEFECT KEMASAN K LIPTINT DI PT XYZ
Abstract
Kemasan liptint merupakan produk yang diproduksi secara berulang dan sering mengalami reject. Rata-rata persentase defect pada periode Juni-Januari 2022 sebsar 4,04% yang mana telah melebihi standar toleransi defect perusahaan sebesar 2%. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui faktor penyebab defect, usulan perbaikan untuk mengatasi defect, perbandingan sigma level dan kapabilitas proses sebelum dan sesudah diterapkannya usulan perbaikan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa terdapat 4 jenis cacat dominan yaitu color variation, print to print misregister, spot UV miss register , dan hickies dengan faktor penyebab utama berasal dari faktor man, machine, material, dan method. Kemudian diberikan usulan perbaikan sesuai dengan rank RPN yang diterapkan. Nilai DPMO dan Sigma level yang diperoleh 6900,42 dan 3,96 dan nilai Cpk -1,49 kemudian mengalami perubahan setelah penerapan. Nilai DPMO, sigma level, dan Cpk menjadi 1919, sigma level berada pada 4,39 dan Cpk sebesar 1,28
References
Ratnadi, Ratnadi, and Erlian Suprianto. "Pengendalian kualitas produksi
menggunakan alat bantu statistik (seven tools) dalam upaya menekan tingkat
kerusakan produk." Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan 6.2, 2020.
Ardhyani, Ika Widya, and Sugeng Santoso. "Analisis Cacat Produk Kemasan
Wafer Di PT. TKT Mojokerto." Engineering and Sains Journal 4.2, 2020
Wijaya, B. S., & Andesta, D, “Minimasi Kecacatan pada Produk Kemasan
Kedelai Menggunakan Six sigma, FMEA dan Seven Tools di PT. SATP ”,
Jurnal Media Teknik Dan Sistem Industri, 5(2), 83-91, 2021.
Putra, G. P., & Purba, H. H. “Failure Mode and Effect Analysis on Power Plant
Boiler”, Journal of Optimization in Industrial Engineering, 11(2), 1–5, 2018.
Dewi, A. M., & Puspitasari, N. B., “Analisis Pengendalian Kualitas
Menggunakan Metode Six sigma pada Produk AMDK 240 Ml PT. Tirta
Investama Klaten”, Industrial Engineering Online Journal, 7(4), 2019
Ratnaningsih, Dewi Juliah, and Liah Lestari. "Kapabilitas Proses Kinerja
Layanan Mal Pelayanan Publik Kota Bogor." Jurnal Matematika Sains dan
Teknologi 21.2: 99-110., 2020.
Arifin, M. S., Adjie, S., & Santoso, E., “Pengendalian Kualitas dengan Metode
Seventools Sebagai Alat untuk Mengurangi Produk Cacat Pada Perusahaan
Tanteka Sablon Ponorogo”, ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan
Akuntansi, 3(1), 25-32, 2019.