ANALISIS PENERAPAN SIX SIGMA DALAM MEMINIMALISASI DEFECT KEMASAN K LIPTINT DI PT XYZ

Authors

  • Qonita Nurul Izzah Politeknik Negeri Jakarta
  • Saeful Imam

Abstract

Kemasan liptint merupakan produk yang diproduksi secara berulang dan sering mengalami reject. Rata-rata persentase defect pada periode Juni-Januari 2022 sebsar 4,04% yang mana  telah melebihi standar toleransi defect perusahaan sebesar 2%. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui faktor penyebab defect, usulan perbaikan untuk mengatasi defect, perbandingan sigma level dan kapabilitas proses sebelum dan sesudah diterapkannya usulan perbaikan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa terdapat 4 jenis cacat dominan yaitu color variation, print to print misregister, spot UV miss register , dan hickies dengan faktor penyebab utama berasal dari faktor man, machine, material, dan method. Kemudian diberikan usulan perbaikan sesuai dengan rank RPN yang diterapkan. Nilai DPMO dan Sigma level yang diperoleh 6900,42 dan 3,96 dan nilai Cpk -1,49 kemudian mengalami perubahan setelah penerapan. Nilai DPMO, sigma level, dan Cpk menjadi 1919, sigma level berada pada 4,39 dan Cpk sebesar 1,28

References

Ratnadi, Ratnadi, and Erlian Suprianto. "Pengendalian kualitas produksi

menggunakan alat bantu statistik (seven tools) dalam upaya menekan tingkat

kerusakan produk." Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan 6.2, 2020.

Ardhyani, Ika Widya, and Sugeng Santoso. "Analisis Cacat Produk Kemasan

Wafer Di PT. TKT Mojokerto." Engineering and Sains Journal 4.2, 2020

Wijaya, B. S., & Andesta, D, “Minimasi Kecacatan pada Produk Kemasan

Kedelai Menggunakan Six sigma, FMEA dan Seven Tools di PT. SATP ”,

Jurnal Media Teknik Dan Sistem Industri, 5(2), 83-91, 2021.

Putra, G. P., & Purba, H. H. “Failure Mode and Effect Analysis on Power Plant

Boiler”, Journal of Optimization in Industrial Engineering, 11(2), 1–5, 2018.

Dewi, A. M., & Puspitasari, N. B., “Analisis Pengendalian Kualitas

Menggunakan Metode Six sigma pada Produk AMDK 240 Ml PT. Tirta

Investama Klaten”, Industrial Engineering Online Journal, 7(4), 2019

Ratnaningsih, Dewi Juliah, and Liah Lestari. "Kapabilitas Proses Kinerja

Layanan Mal Pelayanan Publik Kota Bogor." Jurnal Matematika Sains dan

Teknologi 21.2: 99-110., 2020.

Arifin, M. S., Adjie, S., & Santoso, E., “Pengendalian Kualitas dengan Metode

Seventools Sebagai Alat untuk Mengurangi Produk Cacat Pada Perusahaan

Tanteka Sablon Ponorogo”, ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan

Akuntansi, 3(1), 25-32, 2019.

Downloads

Published

2024-01-09