Rancang Bangun Mesin Pengulitan Kulit Kambing Dengan Electric Hoist PA 300

Authors

  • Abdullah Apa Program Studi Manufaktur, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Muslimin Muslimin Program Studi Manufaktur, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Nugroho Eko Setijogiarto Program Studi Manufaktur, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Kulit Kambing, Electric Hoist, Konvensional

Abstract

Setiap tahunnya umat muslim selalu merayakan Idul Adha. Pada perayaan hari raya tersebut dilakukan pemotongan kambing atau domba yang berjumlah hingga ratusan ekor. Masyarakat di NTT juga melakukan hal yang sama pada acara adat tertentu. Kulit kambing adalah salah satu hasil ikutan dari ternak yang paling banyak di gunakan untuk kebutuhan ekonomis lainnya. Proses pengulitan yang dilakukan secara konvensional menyebabkan masalah tertentu seperti sayatan yang membuat lubang pada bagian kulit, membutuhkan waktu yang lama dan tenaga kerja yang lebih dari dua orang. Penggunaan Katrol sebagai alat pengankut beban dapat dimanfaatkan untuk menarik kulit Kambing. Peneletian ini akan merancang Mesin Pengulitan Kulit Kambing dengan bantuan Electric Hoist sebagai pengganti tenaga manusia dan bertujuan untuk efektif dan efisiennya tenaga dan waktu pada pengulitan kulit kambing dan domba. Dari hasil pengujian mesin pengulitan kulit Kambing didapat hasil pengulitan utuh tanpa sobekan atau berlubang, lebih aman, praktis serta waktu yang dibutuhkan kurang dari ± 20 detik dengan tenaga kerja satu orang.

References

Adhes Gamayel, A. S. (2017). Pembuatan Katrol Sebagai Alat Peraga Berbasis Mekanikal di SMA Sekolah Rakyat Bekasi.

Enggal Noor Laksono, A. W. B. S., Sarjito Jokosiswo,. (2020). Analisa Perbandingan Kekuatan Tarik Impak, dan Mikrografi pada Sambungan Las ST 40 Akibat Pengelasan Flux Cored Arc Welding Dengan Variasi Suhu Normalizing. Jurnal Teknik Perkapalan.

Hariningrum, R. (2002). Analisis Perhitungan Sistem Penggerak Katrol Listrik di PT. Jasa Marina Indah.

Mulyadi Abdul Wahid, f. r. (2019). Eksperimen Menghitung Momen Inersia Dalam Pesawat Atwood Menggunakan Katrol Dengan Penambahan Massa Beban. Jurnal phi.

Nugraha, A. M. (2019). GUI Untuk Materi Dinamika Gerak Sistem Katrol Berbasis Matlab

Nugraha, M. K. Diktat Mekanika Kekuatan Material.

R.S. Khurmi, J. K. G. A Text Book Of Machine Design.

Rotinsulu, D. M. (2015). Pengamatan Post - Mortem Kualitas Kulit Kambing Di Kota Manado.

Sri Jumini, M. A. (2017). Miniatur Alat Pengangkut Pasir Dengan Sistem Bidang Miring dan Katrol.

Rudenko, N. (1994). Mesin Pengangkat

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Apa, A., Muslimin, M., & Setijogiarto, N. E. (2023). Rancang Bangun Mesin Pengulitan Kulit Kambing Dengan Electric Hoist PA 300. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(2), 1957–1965. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/538