Rancang Bangun Sistem Pencatatan KWh Meter di EVE Workshop Melalui Penerapan Sistem Monitoring Berbasis IoT

Authors

  • Syaiful Ramadhan Program Studi Diploma III Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta
  • Fatahula Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Jakarta
  • Hendra Prastiyawan PT Solusi Bangun Indonesia

Keywords:

kWh meter, Sistem Monitoring, Sistem Pencatatan, Internet of Things (IoT).

Abstract

EVE (Enterprise based Vocational Education) Program merupakan bentuk kerjasama antara PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. dengan Politeknik Negeri Jakarta yang bergerak dalam program pendidikan vokasi jurusan Teknik Mesin program studi Konsentrasi Rekayasa Industri. Dalam menjalankan operasionalnya, tentu saja EVE Program membutuhkan resources berupa energi listrik untuk keberlangsungan kegiatan di EVE Workshop. Penggunaan energi listrik harus dilaporkan kepada perusahaan dalam rangka mendukung program Tax Deduction. Tentunya diperlukan kWh meter untuk dapat menghitung jumlah penggunaan energi listrik di EVE Workshop. KWh meter yang digunakan di EVE Workshop adalah Schneider iEM3110 yang mana belum bisa terhubung dengan protokol komunikasi modbus. Maka dari itu diperlukan sebuah sistem monitoring kWh meter yang dibuat dengan menggunakan mikrokontroller ESP 32, modul PZEM-004T 100A serta CT (Current Transformer) sehingga dapat melakukan pembacaan energi listrik. Selain itu, sistem monitoring juga perlu dibuat berbasis Internet of Things (IoT) melalui platform Node-red agar dapat diakses melalui tampilan antarmuka tanpa harus mendatangi langsung kWh meter. Dengan demikian, didapatkan sistem pencatatan yang lebih efektif dibandingkan sebelumnya.

References

“Energy meters iEM 3100/ iEM 3200/ iEM 3300 series User Manual”, Schneider Electric, Maret 2022.

Tharo Zuraidah, 2017. Analisa Perbedaan kWh meter Pascabayar dan Prabayar ditinjau dari sifat Teknisnya. Medan: Unvesitas Pembangunan Panca Budi.

Nurpadmi. 2010. “Studi Tentang Modbus Protokol pada Sistem Kontrol”.

Erikson. 2021. “Sistem Akuisisi Data dan Pengendalian Power Plant Menggunakan Protokol Modbus”. Yogyakarta. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sanata Dharma.

Innovatorsguru. (2021). Ac Digital Multi-function Meter Using PZEM 004T (Diakses 21 Maret 2022).

Published

2022-12-01

How to Cite

Ramadhan, S., Fatahula, & Prastiyawan, H. (2022). Rancang Bangun Sistem Pencatatan KWh Meter di EVE Workshop Melalui Penerapan Sistem Monitoring Berbasis IoT. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 12(1), 192–198. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/30