ROOT CAUSE ANALYSIS PENINGKATAN DIFFERENTIAL PRESSURE PADA AIR HANDLING UNIT DI PT. I

Authors

  • Dzikru Rahman Politeknik Negeri Jakarta
  • Rosidi, S.T., M.T. Politeknik Negeri Jakarta
  • Asep yana Yusyama, S.Pd., M.Pd. Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Air Handling Unit, Root Cause Analysis, Fishbone Diagram, Filter, Differential Pressure

Abstract

Mesin Air Handling Unit merupakan suatu alat yang berguna untuk mendistribusikan udara ke dalam ruangan-ruangan. Salah satu komponen yang mempengaruhi proses pendistribusian udara adalah Filter pada mesin Air Handling Unit. Saat dilakukan inspeksi visual ditemukan bahwa masalah yang terjadi adalah filter yang digunakan sudah kotor yang mengakibatkan kenaikan differential pressure. Oleh karena itu tujuan penulisan ini adalah untuk menentukan penyebab kenaikan differential pressure dan memberi solusi agar masalah yang sama tidak terulang Kembali. Analisis ini didasarkan pada referensi yang digunakan yaitu Root Cause Analysis (RCA), dengan metode yang digunakan yaitu fishbone diagram. Setelah dilakukan analisa didapatkan penyebab masalah yang terjadi dikarenakan operator tidak mengikuti Standar Operational Prosedur (SOP) yang ada, serta jadwal pemeliharaan yang ada tidak dijalankan dengan baik.

References

American Society of Heating, Refrigerating and Air-Conditioning Engineers (ASHRAE). (2017). ASHRAE Handbook - Fundamentals, Chapter 9: Ventilation and Infiltration. Atlanta: ASHRAE.

Kusnadi, A. (2021). PERAWATAN ALAT PENYELAMATAN KORBAN DI ATAS KAPAL MV. BASARNAS BANDUNG. KARYA TULIS.

Ramadhani, H. (2017). ANALISIS RISIKO PEMELIHARAAN PERALATAN MEDIS DI INSTALASI PENUNJANG MEDIK RUMAH SAKIT SEMEN GRESIK (Doctoral dissertation, Universitas Internasional Semen Indonesia).

Ikayanti H. (2017). Analisis akar masalah (Root Cause Analysis) kecurangan akademik pada saat ujian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 1-22

[Kemenkeu] Kementrian Keuangan. 2013. Teknik Ilustrasi Masalah – Fishbone Diagrams. Jakarta: Kementrian Keuangan RI.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Dzikru Rahman, Rosidi, S.T., M.T., & Asep yana Yusyama, S.Pd., M.Pd. (2023). ROOT CAUSE ANALYSIS PENINGKATAN DIFFERENTIAL PRESSURE PADA AIR HANDLING UNIT DI PT. I. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 65–74. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1762