Perancangan nozzle pada sistem feeding rice husk di PT. Solusi Bangun Andalas Tbk

Authors

  • Muhammad Al Arafi Arafi Politeknik Negeri Jakarta
  • Haolia Rahman Politeknik Negeri Jakarta
  • Adi Syuriadi Politeknik Negeri Jakarta

Abstract

 

Penggunaan rice husk sebagai bahan bakar alternatif dalam produksi semen dapat mengurangi ketergantungan pada batu bara di calciner. Namun, di pabrik Lhoknga, persentase penggunaan bahan bakar alternatif masih di bawah target karena feeding rice husk belum maksimal, terjadi penumpukan material saat ditambahkan. Oleh karena itu, dilakukan modifikasi chute dengan menambah nozzle udara untuk meningkatkan aliran rice husk langsung ke injektor. Modifikasi ini melalui tahapan observasi, identifikasi masalah, perancangan, dan eksekusi. Hasilnya adalah penambahan 4 dan 6 nozzle dengan diameter 13 mm dan 9 mm, serta tank receiver 570liter untuk menjaga pasokan udara dari kompresor ke nozzle tambahan.

 

Kata kunci: Rice husk, bahan bakar alternatif, nozzle, tank reciever, feeding system.

 

References

Rice husk Facility Benchmark Lhoknga, 13 -14 April 2016

Lafarge Group. 2010. Vade Mecum.

Roy, 2002; F.L. Smidth & Co., 2000 Maryoto, Agus. Heri sudibyo, Ghatot. 2018.

Rice husk as an alternative energy for cement production and its effect on the chemical properties of cement

Panut. 2009. Teknik Aplikasi Pestisida. [serial online]. http://www.pabriksprayer.com/tipe-tipe-nozzle-untuk- knapsack-sprayer. [diakses pada tanggal 7 Agustus 2023].

Spray Engginering hand book -CTH SH07 EU(PNR).

Satrijo, D & Habsya, S.A., 2012. Perancangan dan Analisa Tegangan pada Bejana Tekan Horizontal dengan Metode Hingga, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.

Perancangan Air Receiver Tank Vertical Bertekanan 160 Psi Dengan Metode Vdi 2221. Ucok Mulyo Sugeng (1) Leonard Ezra (2) Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri Institut Sains Dan Teknologi Nasional. Jl. Moh. Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, DKI Jakarta 12630.

Aziz, A., Hamid, A., dan Hidayat, I., 2014. Perancangan Bejana Tekan (Pressure Vessel) untuk Separasi 3 Fasa,

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana.

Q.H. Nagpurwala. 2014. Fans and Blowers.

R.Shankar Subramanian. 1986. Pipe Flow Calculation. Department of Chemical and Biomolecular Engineering- Clarkson University.

Air receivers tanks for portable air compressors. Vmac air is innovative. Internet. Tersedia pada https://www.vmacair.com/blog/sizing-air-receiver-tank [diakses pada tanggal 4 Mei 2023].

P.Pipilikaki a, M. Katsioti, D. Papageorgiou, D. Fragoulis, E. Chaniotakis. 2005. Use of tire derived fuel in clinker burning.

Fluid and Thermodynamics_ Volume 2_ Advanced Fluid Mechanics and Thermodynamic Fundamentals.

Unique Atomization Process Provides Unmatched Efficiency In Gas Conditioning Operations—FLOMAX AIR ATOMIZING NOZZLES.

Rumus Estimasi Kebutuhan Kapasitas Kompresor Diperlukan Mold Pada Proses Blow Moulding. By Masigit. Internet. Tersedia pada http://www.jasatraining-pembuatanmold.com/2016/04/rumus-estimasi-kebutuhan- kapasitas.html?m=1 [diakses pada tanggal 12 April 2023].

Optimalisasi Konsumsi Modifikasi Feeding System Rice husk Untuk Tsr Menuju 10% Lhoknga Plant -Isthafa Najmi-Nim 5216220296.

Yanto, Tri. 2016. Perencanaan Impeller Pompa Sentrifugal dengan kapasitas 58 liter/detik head 70 m dengan putaran 2950 rpm penggerak motor listrik: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pressure tank. Internet. Diunduh pada 6 Agustus 2023. Tersedia pada https://www.pressuretank.co.id/articles/read/26. [diakses pada tanggal 14 Mei 2023].

Spesifikasi compressor swan 15 Hp. Internet. Tersedia pada https://www.teknikmart.com . [diakses pada tanggal 18 Juni 2023].

Standard range of air receivers. PT. Global air teknologi. Internet. Tersedia pada https://globalairteknologi.weebly.com .

Sularso, Tahara, H., 2004, Pompa dan Kompresor : Pemilihan, Pemakaian dan Pemeliharaan, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.

Berbagai Jenis Nozzle Sprayer yang populer di bidang pertanian. Internet. Tersedia pada https://www.fulldronesolutions.com/berbagai-jenis-nozzle-sprayer-yang-populer-di-bidang-pertanian/ . [diakses pada tanggal 12 Mei 2023].

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Arafi, M. A. A., Haolia Rahman, & Adi Syuriadi. (2023). Perancangan nozzle pada sistem feeding rice husk di PT. Solusi Bangun Andalas Tbk. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 602–611. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1726