Studi Kasus Kerusakan Mesin Multi Forming YSM 36TX Dan Preventive Maintenance di PT. Mada Wikri Tunggal.

Authors

  • Putri Maulidia Cahyadi Politeknik Negeri Jakarta
  • Budi Yuwono S.T
  • Drs. Nugroho Eko Setijogiarto, Dipl.Ing., M.T

Keywords:

multi forming, preventive maintenance, perbaikan, pemeliharaan

Abstract

Mesin multi forming adalah mesin yang digunakan untuk membentuk bahan mentah menjadi produk akhir dengan berbagai bentuk yang diinginkan. Mesin multi forming termasuk kedalam salah satu mesin utama yang selalu digunakan dalam proses produksi karena dapat membuat lebih dari satu macam part. Namun, pemakaian yang tidak sesuai standar serta kurangnya perawatan yang dilakukan mengakibatkan penurunan pada efektivitas mesin. Dalam penelitian ini, tahap yang dilakukan adalah mengumpulkan data tentang kerusakan yang terjadi pada mesin multi forming di sebuah pabrik manufaktur. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi langsung, wawancara dengan operator mesin yang datanya diolah menggunakan metode “Fishbone Diagram” serta pemeriksaan secara visual. Strategi preventive maintenance yang direkomendasikan akan meliputi jadwal pemeliharaan rutin, penggantian komponen yang aus, perbaikan proaktif, dan pelumasan yang tepat. Dengan menerapkan strategi preventive maintenance yang tepat, diharapkan mesin dapat beroperasi dengan lebih efisien dan terhindar dari kerusakan yang dapat mengganggu produksi dan menyebabkan downtime yang tidak diinginkan.

References

Azzy, F. N. (2014). Perancangan Mesin Notching Untuk Proses Sheat Metal Forming. E-Jurnal Teknik Mesin, 1(2), 6-13.

Jeffrey, D. (2013). Principles of Machine Operation and Maintenance. United Kingdom: CRC Press.

Jibril, A., Sasongko, D. B., Widjaja, W., Hakim, I., & Hadayanti, D. (2023). Analisis Penerapan Preventive Maintenance Terhadap Peningkatan Produktivitas Produksi. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 4(4), 1310-1316.

Kencanawati, C. I. P. K. (2017). Proses Pemesinan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 41.

Mulya, A. E. M., Yusnita, R. T., & Lestari, S. P. (2022). Pengaruh Preventive Maintance dan Breakdown Maintance Terhadap Kelancaran Proses Produksi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 7-12.

Mobley, R.K. (2002). An Introduction to Predictive Maintenance. Netherlands: Elseiver Science.

Schiller, M.R., Miller, M.A., Miller-Kovach, K. (1994). Total Quality Management for Hospital Nutrition Services. United States: Aspen Publishers.

Smith, R., Mobley, R.K. (2003). Industrial Machinery Repair: Best Maintenance Practices Pocket Guide. Netherlands: Elseiver Science.

Umam, F., Hairil Budiarto, S. T., Dafid, A., & Md, A. (2021). Motor Listrik. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Visual Transparent Predictable Manufacturing: Sebuah konsep manajemen manufakturing. (2021). Nas Media Pustaka.

Wahyuda, J., & Herlambang, A. (2022). Preventive Maintenance: Penerapan dan Metode Dalam Meningkatkan Produktivitas. IESM Journal (Industrial Engineering System and Management Journal), 3(2), 151-163.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Cahyadi, P. M., Budi Yuwono S.T, & Drs. Nugroho Eko Setijogiarto, Dipl.Ing., M.T. (2023). Studi Kasus Kerusakan Mesin Multi Forming YSM 36TX Dan Preventive Maintenance di PT. Mada Wikri Tunggal. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin, 13(1), 513–521. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sntm/article/view/1581