Teknologi Beton Precast Ramah Lingkungan Untuk Mendukung PBL D4 Teknik Konstruksi Gedung (TKG)

Authors

  • Sukarman Sukarman Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Jakarta, Kota Depok, 16425, Indonesia
  • I Ketut Sucita Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Jakarta, Kota Depok, 16425, Indonesia
  • Sony Pramusandi Bidang Ilmu dan Pengembangan Institusi, Politeknik Negeri Jakarta, Kota Depok, 16425, Indonesia
  • Hasby Akmal Almatiin Politeknik Negeri Jakarta
  • Muhammad Gufron Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Beton Precast, Dinding Panel, Project-based Learning

Abstract

Saat ini banyak beragam material yang digunakan untuk rekayasa konstruksi, mulai dari pemilihan kualitas material yang harus sinergis dengan kapasitasnya untuk dinding panel pracetak, hingga produksi massal di pabrik-pabrik, kemudian pemasangan in situ. Umumnya, dinding panel pracetak biasanya digunakan untuk dinding eksterior atau interior pada bangunan komersial, perumahan, dan industri. Kini, efisiensi dan efektivitas dalam proses konstruksi menjadikan dinding panel pracetak sebagai pilihan populer dalam industri konstruksi modern. Panel pracetak dirancang dan diproduksi untuk memenuhi beberapa spesifikasi dan toleransi secara ketat, kesalahan manusia dan waktu konstruksi harus diminimalkan. Selain itu, dinding panel pracetak harus memiliki kualitas dan kekuatan yang lebih baik daripada beton konvensional. Dinding panel pracetak juga memberikan keunggulan estetika karena dapat diukir atau dicetak dengan desain dan pola yang berbeda, serta dapat memberikan arsitektur bangunan yang lebih menarik. Dinding panel pracetak juga dapat menjadi bagian isolasi untuk efisiensi energi dan pengurangan panas, serta proses pendinginan menjadi lebih efektif.

References

Adiasa, Dkk. (2015). Evaluasi Penggunaan Beton Precast Di Proyek Konstruksi. Jurnal Karya Teknik Sipil, Vol. 4 No. 1 Tahun 2015, Halaman 126 – 134.

American Conrete Institute.(2014). "Building Code Requirements for Structural Concrete (318-14)". USA.

American Society of Civil Engineers (2017). “Minimum Design Loads and Associated Criteria for Buildings and Other Structures”, ASCE 7-16.

Irwan, I., Mahda, N., & Hakim, A. W. (2022). Analisis Pengaruh Bahan Tambah Styrofoam Terhadap Kuat Tekan, Tarik Dan Lentur Pada Dinding Precast. Journal Of Civil Engineering Building And Transportation, 6(2), 124-132.

Kumbarra, J., Solikin, M., Sugiyanto, S., & Rofiq, M. A. (2020). Tinjauan Kuat Lentur Dinding Panel Beton Berlubang Styrofoam Dengan Campuran Fly Ash Dan Serat Senar Gelasan Dengan Perkuatan Wiremesh. In Science And Engineering National Seminar (Vol. 5, No. 1, Pp. 633-642).

Mubarok, M. A., Piscesa, B., Faimun. (2020). Desain modifikasi perencanaan struktur beton The Alton Apartment Semarang menggunakan metode pracetak. Jurnal teknik ITS Vol.9, no.2. http://dx.doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.58094

Nofianti, L., & Syah, N. (2019). Kontribusi Afektif Dan Kognitif Terhadap Psikomotor Dalam Project Based Learning Praktek Rekayasa Batu Dan Beton Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik BangunanTahun Masuk 2018. Cived, 6(1).

PCI. (2010). PCI Design Handbook “Precast and Prestressed Concrete” 7th Edition. USA.

Soetjipto, J. W. (2020). Analisa perbandingan pelaksanaan penggunaan menggunakan beton konvensional dengan elemen beton pracetak pada bangunan tingkat tinggi, Jakarta

SNI 2847:2013 "Beton Pracetak untuk Bangunan Gedung dan Struktur Non-Gedung". Badan Standar Nasional Indonesia

Toscas, James G. 2014. Designing with Precast and Prestressed. Precast/Prestressed Concrete Institute (PCI)

Yudha, Rifky Rezha Pranata. (2015). Analisa Produktivitas Pekerjaan Dinding Panel, Dinding Batu Bata Konvensional, Dan Sni Pekerjaan Dinding (Doctoral Dissertation, Brawijaya University).

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Sukarman, S., Sucita, I. K., Pramusandi, S., Akmal Almatiin, H., & Gufron, M. (2023). Teknologi Beton Precast Ramah Lingkungan Untuk Mendukung PBL D4 Teknik Konstruksi Gedung (TKG). Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 2, 406–413. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sniv/article/view/448