Literature Review: Implementasi Moderasi Beragama dan Bela Negara Pada Mahasiswa

Authors

  • Respati Prajna Vashti Politeknik Negeri Jakrta
  • Rita Farida Dachlan Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Budi Pekerti, Moderasi, Bela Negara

Abstract

Kebebasan dalam memeluk agama dan keyakinan telah tertuang dalam pasal 28E ayat (1) dan (2) yaitu berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap sesuai dengan hati nuraninya. Menumbuhkan rasa hormat dan saling menghargai, tentu menjadi kunci terhadap kerukunan antar umat, sekaligus sebagai bentuk upaya dalam bela negara. Pemahaman tentang akhlak, etika, moral dan budi pekerti, dan mengimplementasikannya dalam kehidupan adalah sama pentingnya. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu peneliti melakukan identifikasi terhadap implementasi budi pekerti dalam moderasi beragama dan bela negara. Adapun hasil penelitian ini adalah Implementasi moderasi beragama dan bela negara bagi mahasiswa haruslah dengan nilai-nilai dasar Pancasila. Adapun implementasi tersebut antara lain melalui pertama, Ketuhanan yang Maha Esa dengan menghormati dan bekerja sama antara pemeluk agama dan yang berbeda-beda sehingga terbina persatuan dan kesatuan bangsa. Kedua, nilai-nilai kemanusiaan, keberadaan, kesetaraan seperti saling mencintai sesama manusia, mengembangkan sikap tenggang rasa, melakukan kegiatan kemanusiaan, saling melindungi dan berani membela kebenaran dan keadilan. Ketiga, Persatuan dan Kesatuan cinta tanah air dan bangsa, rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber- Bhinneka Tunggal Ika, bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia.

References

Ahyati, A. I., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Bela Negara di Era Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Journal on Education, 3(3). https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.371

Anwar, A. S., Leo, K., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Abad 21 melalui Media Sosial. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.795

Arifinsyah, A., Andy, S., & Damanik, A. (2020). The Urgency of Religious Moderation in Preventing Radicalism in Indonesia. ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 21(1). https://doi.org/10.14421/esensia.v21i1.2199

Astuti, R., & Harris, P. L. (2008). Understanding mortality and the life of the ancestors in rural Madagascar. Cognitive Science, 32(4). https://doi.org/10.1080/03640210802066907

Azizah, I. (2021). Peran Santri Milenial dalam Mewujudkan Moderasi Beragama. Prosiding Nasional, 4(November).

Djamzuri, M. I., & Mulyana, A. P. (2022). Fenomena Netflix Platform Premium Video Streaming membangun kesadaran cyber etik dalam perspektif ilmu komunikasi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2804

Elfrianto. (2015). Urgensi Keseimbangan Pendidikan Budi Pekerti di Rumah dan Sekolah. Jurnal Edu Tech, 1(1).

Fahri, mohammad, A. zainuri. (2022). Moderasi Beragama di Indonesia Mohamad. Religions, 13(5).

Ghazali, A. M. (2016). Toleransi beragama dan kerukunan dalam perspektif islam. Religious: Jurnal Agama Dan Lintas Budaya.

Habibah, S. (2015). Akhlak Dan Etika Dalam Islam. Pesona Dasar.

Haq, Y. S., & Hifdzil, A. (2015). PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IMAM AL-GHAZALI. AT TA’DIB, 10(2).

Hartono, D. (2020). Fenomena Kesadaran Bela Negara di Era Digital dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 8(1).

Inovasi Penelitian, J., Onny Cahyandi, O., Hairunisya, N., & Umurul Hadi, N. (2020). Implemntasi Nilai-Nilai Pancasila Sila Ke 2 Pelajaran PPKn SMK PGRI 3 Tulungagung. Nopember, 1(6).

Istianah. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pelajar Pancasila. Jurnal Politik, Hukum, Sosial Budaya, Dan Pendidikan, 19(2).

Kadir, A. (2020). KONSEP ADAB MENUNTUT ILMU DAN MENGAJARKANNYA. Jurnal Da’wah: Risalah Merintis, Da’wah Melanjutkan, 3(02).

https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v3i02.86

Mannan, A. (2018). ESENSI TASAWUF AKHLAKI DI ERA MODERNISASI. Aqidah-Ta : Jurnal Ilmu Aqidah, 4(1). https://doi.org/10.24252/aqidahta.v4i1.5172

Matondang, E. (2019). KONFLIK AGRARIA DAN DISINTEGRASI BANGSA: TANTANGAN KEAMANAN NASIONAL INDONESIA. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 9(3). https://doi.org/10.33172/jpbh.v9i3.635

Miswar, M. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Miskawaih. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.32

Muzakkir. (2015). Generasi Muda dan Tantangan Adab Modern serta Tanggung Jawab Pembinaannya. Al Ta’dib, 8(2).

Nisa’, A. K., & Tualeka, M. W. N. (2017). Kajian Kritis Tentang Toleransi Beragama dalam Islam. Al-Hikmah.

Pelu, M., Dardiri, A., & Zuchdi, D. (2016). PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi. https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i2.9820

Pujiatni, K., & Lestari, S. (2010). Studi kualitatif pengalaman menyontek pada mahasiswa. Psikologi.

Purnomo, A. (2016). Jurnal Kesetaraan dan Keadilan Gender. TEORI PERAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN, 1(Gender).

Rahayu, Y. N., & Arifudin, O. (2020). Program Linier (Teori dan Aplikasi). Widina Bhakti Persada, 13(1).

Ritonga, A. W. (2021). Konsep Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama bagi Generasi Milenial Berbasis Al-Qur’an. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 4(1).

Sakinah, R. N., & Dewi, D. A. (2021). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI KARAKTER DASAR PARA GENERASI MUDA DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRIAL 4.0. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1). https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1432

Su’dadah, S. (1970). PENDIDIKAN BUDI PEKERTI ( Integrasi Nilai Moral Agama dengan Pendidikan Budi Pekerti ). Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.545

Sudarsana, i ketut. (2017). Peranan Orang Tua Dalam Penanaman Budi Pekerti Pada Anak. Pendidikan.

Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali. Jurnal At-Ta’dib, 10(2), 362–381.

Suryan, S. (2017). TOLERANSI ANTARUMAT BERAGAMA: PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Ushuluddin. https://doi.org/10.24014/jush.v23i2.1201

Sutiyono, S. (2013). Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah: Sebuah Fenomena Dan Realitas. Jurnal Pendidikan Karakter. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.2753

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Prajna Vashti, R., & Dachlan, R. F. (2023). Literature Review: Implementasi Moderasi Beragama dan Bela Negara Pada Mahasiswa. Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 2, 574–580. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sniv/article/view/438