Pengaruh Penggunaan Warna Pada Desain Kemasan Makanan Khas Daerah Terhadap Persepsi Konsumen
Keywords:
Warna, Desain Kemasan, Persepsi KonsumenAbstract
Karakter dan citra produk pada kemasan dapat memberikan suatu persepsi kepada konsumen yang dituju. Dengan melihat kemasan dan informasi-informasi yang tertera di dalamnya dapat menimbulkan daya tarik dan banyak keputusan pembelian yang dilakukan pembeli. Salah satu unsur yang menghasilkan daya tarik visual pada kemasan adalah elemen warna. Konsumen jauh lebih cepat melihat warna dari pada melihat bentuk atau rupa, sehingga warnalah yang pertama kali dilihat pada produk. Warna kemasan produk berkaitan dengan persepsi konsumen menurut positioning produk yang diterapkan. Warna pada desain kemasan dapat berkaitan dengan konsumen secara emosional berkaitan dengan pemilihan warna yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penerapan warna pada desain kemasan produk makanan sehingga menimbulkan minat konsumen dan pada akhirnya akan mempengaruhi ketertarikan untuk keputusan pembelian. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mendapatkan kesimpulan analisis. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan sampel desain kemasan makanan menunjukkan adanya pengaruh antara penggunaan warna pada desain kemasan dengan persepsi konsumen. Apabila penggunaan warna diterapkan dengan sangat baik maka akan menimbulkan daya tarik dan persepsi positif dari konsumennya dan begitu juga sebaliknya.
References
Dewi, C. M., Hairiza, A., & Limbong, E. G. (2020). Warna sebagai Identitas Merek pada Kemasan Makanan Tradisional Kembang Goyang Khas Betawi. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 2(01), 9–13. https://doi.org/10.30998/vh.v2i01.150
Erlyana, Y. (2018). Analisis Desain Kemasan Mi Instan Edisi Khusus Indomie Tempo Doloe. Jurnal Titik Imaji, 1, 13.
Gautama, I. M. B., & Putri, D. R. (2019). Perancangan Label Kemasan Aneka Kue dan Banner Sebagai Media Promosi. WIDHYABAKTI: Jurnal Ilmiah Populer 1(2), 14-20.
Gunawan, S., Damayanti, M., & Cahyadi, J. (2015). Perancangan Desain Kemasan Almond Crispy Cheese Merek “Gosyen” Sebagai Oleh-Oleh Khas Surabaya. Media Neliti, 17.
Kristiana, Nova. (2018). Aplikasi Gestalt pada Desain Label Kemasan Produk Aqua. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia 4 (01): 1–13. https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i01.1595.
Monica, Monica, and Laura Christina Luzar. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Humaniora 2 (2): 1084. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3158.
Nugrahani, Rahina. (2015). Peran Desain Grafis Pada Label dan Kemasan Produk Makanan UMKM. Imajinasi:Jurnal Seni, no. 2: 10.
Putro, W. R., Utomo, R. D. W., & Syarief, A. (2020). Analis Elemen Visual Pada Desain Kemasan Produk Jamu Housebland Suwe Ora Jamu. Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 2(2), 253–303. https://doi.org/10.25105/jsrr.v2i2.8238
Sekarlaranti, Ariesta, and Shellyana Junaedi. (2016). Persepsi Konsumen Terhadap Warna, Tipografi, Bentuk Grafis Dan Gambar Pada Kemasan Produk Dengan Pendekatan Multidimensional Scaling. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management 6 (1). https://doi.org/10.20473/jmtt.v6i1.2656
Wardanu, A. P., Martanto, M., & Uliyanti, U. (2018). Perbaikan Desain Kemasan Stik Ale-ale dan Stik Kangkung Produksi Kab Muda Mantolo di Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang. Jurnal DIFUSI, 1(2) . https://doi.org/10.35313/difusi.v1i2.1300
Yogananti, A. F. (2015). Pengaruh Psikologi Kombinasi Warna Dalam Website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(01), 45–54. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i01.956