Media Ajar Kosa Kata Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Interaktif bagi Mahasiswa Warganegara Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Iwan Sonjaya Program Studi Teknik Multimedia Digital , Jurusan TIK, Politeknik Negeri Jakarta, Depok, 16425, Indonesia
  • Yoyok Sabar Waluyo Program Studi Teknik Multimedia Digital , Jurusan TIK, Politeknik Negeri Jakarta, Depok, 16425, Indonesia

Keywords:

Multimedia, Bahasa Inggris, Warga Negara Berkebutuhan Khusus

Abstract

Saat ini, Bahasa Inggris sudah menjadi keharusan di banyak bidang, seperti bisnis dan pemasaran. Dengan cara yang sama, di sektor pendidikan, semua warga negara, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, berhak atas pendidikan yang layak. Universitas Negeri Jakarta Menteri Pendidikan Nasional telah memberikan wewenang untuk menyelenggarakan Program Manajemen Pemasaran untuk warga negara yang memiliki kebutuhan khusus. Data menunjukkan bahwa 67% alumni Program Studi D-3 Manajemen Pemasaran (MP) dari tahun 2016–2018 bekerja sebagai wirausaha. Data menunjukkan bahwa 83% dari mereka bekerja sebagai bisnis online,antaralain menjual perangkat/gawai, desain untuk industri sablon, kosmetik, dan lainnya. Hasil wawancara dengan alumni MP menunjukkan bahwa Bahasa Inggris adalah mata kuliah yang sulit dipahami. Multimedia menawarkan alternatif media untuk anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menemukan bahwa media ini membantu siswa belajar kosa kata Bahasa Inggris dan membantu mereka belajar materi kosa kata di toko online. Penelitian ini menggunakan metode MDLC, yaitu 6 tahapan: Ide, Desain, Pengumpulan Material, Pembuatan, Pengujian, dan Pendistribusian. Hasil pengujian menunjukkan bahwa presentase nilai pretest mahasiswa WNBK (warga negara berkebutuhan khusus) meningkat 73,20% dibandingkan dengan nilai postest. Berdasarkan pengujian terhadap WNBK, disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif kosa kata Bahasa Inggris sesuai untuk manfaatkan sebagai alat bantu pembelajaran bagi mahasiswa WNBK.

References

Adela Dewi Fortuna Putry, D. F. (2021). Desain interaktif Pengenalan Ragam Hewan Kepada anak usia dini penyandang tunagrahita dengan menggunakan metode MDLC. Kumpulan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional .

Syafira, A. J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Jenis iUsaha Ekonomi dan Pengaruh Kegiatan Ekonomi di Sekolah Dasar. Jurnal Bidan Pendidikan Dasar.

Wardaniasih, Y. L. (2020). Model Konseptual Media Motion Graphics Interaktif Matematika Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Parameter Vol.32 No.1, 2020.

Rahayu. 2018. Studi Literatur: Peranan Bahasa Inggris Untuk Tujuan Bisnis Dan iPemasaran. Jurnal Pemasaran Kompetitif

Etycha, S. E. (2019). Pengaruh Fishing Game Terhadap Konsentrasi Anak Tunagrahita Di Slb C Alpha Wardahana Surabaya. Jurnal STIKES iWILLIAM.

Awalia, H. R. (2016). Studi Deskriptif Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus.

Husni, M., dan Afriani, G. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama iiIslam pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri Pekanbaru. MILENIAL. 2(1): 12-19

Janah, N. M. (2020) Intervensi Kejelasan Berbicara Anak Tunagrahita Melalui iPemodelan Berbasis Video. INKLUSI. 7(1): 1-20

Khairudin., Fauzan, A., Armiati., dan Suryani, K. (2021). Analisis Kebutuhan Model Problem Posing Berorientasi STEM untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Problem Solving. JSHP. 5(1): 159-168

Lau, M. I., & Prasetyaningsih, S. 2016. Implementasi Teknik Rigging Pada Film Animasi 2” Gadis Sapu Lidi”. Jurnal SIMETRIS, 7(2), 427-438.

Maulidiyah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Anak TunagrahitaRingan. Jurnal Pendidikan. 29(2): 93-100

Putri, Y. D. (2017). Pembuatan Motion Graphic sebagai Media Sosialisasi dan Promosi untuk Aplikasi Mobile Trading Online Mandiri Sekuritas. JurnaliIlmiah Manajemen Informatika dan Komputer Vol. 01, No. 02, 85-92

Sari, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Langsung Dalam Memfasilitasi Keterampilan Teknik Bermain Bola Basket Untuk Siswa Tunagrahita Kelas XI SMALB-C. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan. 35(1): 53-61

Sitompul, T. A. (2017). Pembelajaran Musik Pada Siswa Tunagrahita Menggunakan Metode Picture And Picture Di SDLB Kemala Bhayangkari 2 Gresik. Jurnal Pendidikan Sendratasik. 5(1): 1-15

Utami, W. Z. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Konsentrasi Dan Minat Belajar Siswa Tuna Grahita. Jurnal Teknologi Pendidikan. 2(1): 76-88

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Sonjaya, I., & Waluyo, Y. S. (2023). Media Ajar Kosa Kata Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Interaktif bagi Mahasiswa Warganegara Berkebutuhan Khusus. Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 2, 354–361. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sniv/article/view/427