Penerapan Kerja Sama Industri dan Perguruan Tinggi Melalui Program Kelas Kerja Sama

Authors

  • Rachmat Arnanda Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta, Depok, 16424, Indonesia
  • Ifa Saidatuningtyas Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta, Depok, 16424, Indonesia
  • Dhea Tisane Ardhan Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta, Depok, 16424, Indonesia

Keywords:

Kerja Sama Industri, Kelas Kerja Sama, Keterserapan Lulusan

Abstract

Kesiapan perguruan tinggi dalam menyiapkan lulusannya dapat dilihat dari sembilan aspek, diantaranya visi dan misi, aturan, pedoman tata kelola, student body, sumber daya manusia, infrastruktur, tridharma perguruan tinggi, dan kerja sama internasional. Bentuk dari kerja sama yang dapat dilaksanakan oleh perguruan tinggi bermacam-macam, namun ada satu bentuk kerja sama yang belum akrab digunakan oleh perguruan tinggi khususnya perguruan tinggi vokasi di Indonesia, yaitu kerja sama melalui mekanisme kelas kerja sama. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membahas penerapan dan mekanisme kerja sama perguruan tinggi dalam bentuk kelas kerja sama di Politeknik Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu termasuk ke dalam tipe penelitian studi kasus, dengan melakukan beberapa tahapan pengumpulan data seperti survey menggunakan kuisioner dan tracer study dan juga wawancara dengan Wakil Direktur Bidang Kerja Sama. Hasil yang didapat memberikan informasi dan penjelasan mengenai pengertian kerja sama, bentuk kerja sama industri dan perguruan tinggi, kerja sama industri dalam bentuk kelas kerja sama, dan manfaat kelas kerja sama. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelas kerja sama agar dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan sumber daya manusia dan meningkatkan mutu pendidikan mahasiswa.

References

Aryati, S. (2019). Tantangan perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang (Vol. 12, No. 01). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2639

Ayu, S. M. (2019). Strategi Kerjasama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dalam Meningkatkan Akreditasi Prodi. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 275-289. https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5479

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 5. https://digilib.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode%20Penelitian%20Kualitatif.pdf

Dina Sugiyanti, D. N. (2013). Implementasi Program Kerjasama Antara Perguruan Tinggi dengan Dunia Industri. Phenomenon, 63-75. https://doi.org/10.21580/phen.2013.3.1.175

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif kuantitatif tentang aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran edmodo dalam pembelajaran sejarah. Jurnal artefak, 7(1).

Mariati, M. (2021). Tantangan pengembangan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka di perguruan tinggi. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 749-761). https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.405

Nulhaqim, S. A., Heryadi, D. H., Pancasilawan, R., & Ferdryansyah, M. (2016). Peranan perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia untuk menghadapi Asean community 2015 studi kasus: Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung. Share: Social Work Journal, 6(2), 197. http://jurnal.unpad.ac.id/share/article/view/13209

Nurhadi D., (2013). Pembelajaran kolaboratif dengan industri untuk meningkatkan kualitas kompetensi mahasiswa di daerah terpencil: Jurnal Pendidikan Profesional, 2(1), 113-128, https://adoc.pub/pembelajaran-kolaboratif-dengan-industri-untuk-meningkatkan-.html

Panday, R. (2014). Strategi peningkatan mutu perguruan tinggi untuk penguatan daya saing menghadapi masyarakat ekonomi Asia Tenggara: Studi Kasus. Proceedings SNEB, 1-6. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_476936443732.pdf

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep kampus merdeka belajar di era revolusi industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141-157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Wijiharta, W., Yohana, A., Muhajirin, M., & Khairawati, S. (2021). Kerjasama Perguruan Tinggi dalam Pembinaan Skill Mahasiswa: Literatur Review. At-Tauzi’: Jurnal Ekonomi Islam, 21(1), 1-17.

Zaluchu, S. E. (2021). Metode penelitian di dalam manuskrip jurnal ilmiah keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 249-266. https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jbh/article/view/93

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Arnanda, R., Saidatuningtyas, I., & Ardhan, D. T. (2023). Penerapan Kerja Sama Industri dan Perguruan Tinggi Melalui Program Kelas Kerja Sama. Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 2, 347–353. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sniv/article/view/419