Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality Dengan Model Game First Person Shooter (FPS) Untuk Pengembangan Laboratorium Virtual Teknologi Audio

Authors

  • Noorlela Marcheta Politeknik Negeri Jakarta
  • Iwan Sonjaya Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Politeknik Negeri Jakarta
  • Malisa Huzaifa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Virtual Lab, First Person Shooter, Teknologi Audio

Abstract

Dampak pandemi Covid-19 membawa perubahan cepat di berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Perubahan ini memaksa semua orang untuk belajar adaptif, salah satunya melalui instrumen teknologi digital. Teknologi Pendidikan adalah studi dan praktik etis dalam upaya memfasilitasi belajar serta meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, mengelola proses dan sumber teknologi yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Virtual Labotarium menggunakan pendekatan Game FPS pada matakuliah Multimedia Audio Digital untuk memudahkan mahasiswa dalam mempraktikan tools multimedia audio. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode pengembangan MDLC (Multimedia Development Live Cycle) dan menggunakan pendekatan model Game FPS untuk menarik mahasiswa daalm proses pembelajaran. Hasil pengujian alpa membuktikan bahwa virtual lab ini telah berhasil dikembangkan.

References

Nurajizah, S., 2016. IMPLEMENTASI MULTIMULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLEPADA APLIKASI PENGENALAN LAGU ANAK-ANAK BERBASIS MULTIMULTIMEDIA. Jurnal PROSISKO Vol. 3. 14-15.

Mustika, Eka Prasetya Adhy Sugara, & Maissy Pratiwi. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode MultiMultimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, Vol 2, No.2 . 121-126.

Reynaldi, A. (2019). Perancangan Desain User Interface (UI) Aplikasi Pencari Kost (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. 2020. Perancangan UI/UX aplikasi my CIC layanan informasi akademik mahasiswa menggunakan aplikasi figma. Jurnal Digital, 10(2): 208-219

Mar’atush Sholichah Muntaha Rahmi, M. Arif Budiman, & Ari Widyaningrum. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education. Vol 3, No 2. pp. 178-185

Ariza Pratama, Tharmizi Hamid and A. Halim, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Virtual Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa‟, Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 2.1 h.151

Tabah Subekti, 2015, PENGGUNAAN MEDIA AUDIO ELEKTRONIKA WIRELESS MICROPHONE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA SD PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA, Jurnal TRANSFORMASI, Vol. 11, No. 2, : 189 – 204

Nia Saurina, 2017, Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Kelas IV SDN Banjarsugihan II Menggunakan Blender 3D, Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Indonesia, Vol. 2, No. 2, 128-134

Ade Riyantika Dewi, R. Rizal Isnanto, Kurniawan Teguh Martono, 2015, Aplikasi Multimedia sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Budaya di Indonesia menggunakan Unity Engine untuk Sekolah Dasar, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.3, No.4.

Yulistina, S. R., Nurmala, T., Supriawan, R. M. A. T., Juni, S. H. I., & Saifudin, A. (2020). Penerapan Teknik Boundary Value Analysis untuk Pengujian Aplikasi Penjualan Menggunakan Metode Black Box Testing. Jurnal

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Marcheta, N., Sonjaya, I., & Huzaifa, M. (2023). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality Dengan Model Game First Person Shooter (FPS) Untuk Pengembangan Laboratorium Virtual Teknologi Audio. Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 2, 153–157. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sniv/article/view/416