Hubungan Literasi Digital Dan Penerimaan Penggunaan Aplikasi E-Commerce Marketplace Terhadap Dukungan Manajemen Bagi Umkm Di Kota Depok
Abstract
Perkembangan e-commerce marketplace di Indonesia merupakan salah aspek penting bagi pengembangan ekonomi termasuk bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Peningkatan kontribusi UMKM terhadap perekonomian juga dapat membantu meningkatkan tingkat standar kehidupan masyarakat Indonesia.Tingkat literasi digital dan penerimaan para pemilik UMKM di Indonesia, khususnya di Kota Depok dapat memengaruhi tingkat penerimaan dan kepercayaan mereka terhadap aplikasi e-commerce marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan investigasi seberapa signifikan pengaruh tingkat literasi digital dan penerimaan para pemilik UMKM terhadap dukungan manajemen terhadap pemanfaatan aplikasi e-commerce marketplace dalam pengembangan usaha. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei berdasarkan skala Likert lima poin untuk mengumpulkan persepsi pemilik UMKM di Kota Depok terkait pengaruh tingkat literasi . Sampel dipilih secara acak. Survei dianalisis menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital dan penerimaan penggunaan dari pemilik UMKM sangat signifikan terhadap dukungan mereka terhadap pemanfaatan e-commerce marketplace dalam pengembangan usaha mereka. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa semakin baik literasi digital pemilik UMKM, maka tingkat penerimaan mereka terhadap penggunaan e-commerce marketplace juga semakin baik. Dengan demikian, hasil ini dapat menjadi rekomendasi bagi para pemangku kepentingan di Kota Depok untuk dapat mendukung peningkatan literasi digital bagi para pemilik UMKM di Kota Depok agar dapat semakin menerima penggunaan aplikasi e-commerce marketplace dalam usaha mereka, sehingga selanjutnya para pemilik UMKM dapat lebih mendukung pemanfaatan teknologi tersebut dalam pengembangan usaha mereka.
References
Badan Pusat Statisstik Kota Depok. Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berdasarkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat. Diakses pada 15 Mei 2022.
Besimi, A & Dika, Z 2013, ‘B2B or not B2B? - The future of B2B and the role of small and medium-sized enterprises from SEE’, in CEUR Workshop Proceedings, vol. 1036: 158-161.
Cloete, E & Doens, M 2008, ‘B2B e-marketplace adoption in South African agriculture’, Information Technology for Development, vol. 14, no. 3: 184-196.
Ghobakhloo, M, Arias-Aranda, D & Benitez-Amado, J 2011, ‘Adoption of e-commerce applications in SMEs’, Industrial Management and Data Systems, vol. 111, no. 8: 1238-1269.
Ghozali, Imam. Partial Least Square : Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Edited by Hengky Latan. 2nd ed. Semarang: Badan Penerbit Undip, 2015.
Goel, K & Goel, M 2017, ‘Cloud computing based E-commerce model’, in 2016 IEEE International Conference on Recent Trends in Electronics, Information and Communication Technology, RTEICT 2016 - Proceedings: 27-30.
Khan, M, Xu, X, Dou, W & Yu, S 2017, ‘OSaaS: Online shopping as a service to escalate E-commerce in developing countries’, in Proceedings - 18th IEEE International Conference on High Performance Computing and Communications, 14th IEEE International Conference on Smart City and 2nd IEEE International Conference on Data Science and Systems, HPCC/SmartCity/DSS 2016: 1402-1409.
Lackermair, G 2011, ‘Hybrid cloud architectures for the online commerce’, Procedia Computer Science, vol. 3: 550-5.
Liu, P & He, W 2017, ‘Research on the E-commerce operation performance of SMEs based on cloud computing service platform’, Revista de la Facultad de Ingenieria, vol. 32, no. 3: 500-509.
Rukhsara, L, Aklam, F, Nawer, T, Chauhan, NS & Islam, MN 2016, ‘A conceptual cloud-based model for developing e-commerce applications in context of Bangladesh’, in 2016 5th International Conference on Informatics, Electronics and Vision, ICIEV 2016: 117-1121.
Shaikh, F & Patil, D 2014, ‘Multi-tenant e-commerce based on SaaS model to minimize IT cost’, in 2014 International Conference on Advances in Engineering and Technology Research, ICAETR 2014.
Shaikh, F & Patil, D 2015, ‘SaaS based Multi-tenant E-commerce to reduce cost and improve resource utilization’, in Proceedings of 2015 IEEE 9th International Conference on Intelligent Systems and Control, ISCO 2015.
Sohaib, O & Kang, K 2015, ‘Internet of things (IoT) in e-commerce for people with disabilities’, in Proceedings of the International Conference on Electronic Business (ICEB), vol. 2015-January: 308-311.
Xiao, Z, He, W, Li, T & Cui, L 2014, ‘A context-based collaboration supported framework for E-commerce PaaS platform’, in Proceedings of the 2014 IEEE 18th International Conference on Computer Supported Cooperative Work in Design (CSCWD): 253-258.
Xiao, Z, Zhang, W, Li, Q, Liu, L & Cui, L 2015, ‘A Method of E-Commerce Trading Process Construction Based on PaaS Platform’, in 2015 IEEE 12th International Conference on e-Business Engineering: 220-227.
Yoon, J & Hanna, J 2004, ‘Korea's experience in promoting e-business adoption among micro and small enterprises’.
Yu, J & Ni, J 2013, ‘Development strategies for SME E-commerce based on cloud computing’, in Proceedings - 2013 7th International Conference on Internet Computing for Engineering and Science, ICICSE 2013: 1-8.
Yu, Y, Wang, X, Zhong, RY & Huang, GQ 2017, ‘E-commerce logistics in supply chain management Implementations and future perspective in furniture industry’, Industrial Management & Data Systems, vol. 117, no. 10: 2263-2286.