Evaluasi Pendidikan Program Studi Manufaktur Pasca Pandemi Covid-19 Dengan Metode Eduqual
Keywords:
Education Quality, EduqualAbstract
Pendidikan merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia. Kualitas manusia, diantaranya ter gambarkan pada nilai Indeks Prestasi Manusia (IPM), dapat ditingkatkan melalui pendidikan. Pendidikan di Indonesia salah satunya dilaksanakan melalui lembaga formal seperti perguruan tinggi vokasi. Pada awal tahun 2020, Indonesia dilanda pandemi Covid-19 yang berdampak pada kegiatan pembelajaran yang banyak dilakukan secara daring. Di masa pasca pandemi Covid-19 memberikan tantangan bagi lembaga pendidikan untuk bertransformasi dalam hal strategi dan metode pembelajaran sehingga membutuhkan pengukuran lebih lanjut dari segi kualitas pendidikan. Pada penelitian ini proses pengukuran kualitas pendidikan dilakukan di Program Studi Manufaktur, Jurusan Teknik Mesin dengan metode EduQual sebagai alat ukur acuan pelayanan kualitas jasa pendidikan yang merupakan model terbarukan dari Servqual untuk mendeskripsikan kesesuaian kualitas pendidikan dengan kepuasan pelanggan. Sebanyak 52 data responden yang disurvei dari seluruh perwakilan stakeholder mulai dari Ketua Jurusan hingga mahasiswa di program studi diolah dengan mengguna metode EduQual. Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil bahwa fasilitas fisik merupakan faktor dengan nilai gap terendah yang disarankan untuk dilakukan perbaikan kualitas dengan nilai gap adalah -0,70 dan Q = 0,84.
References
Alsaffar, H. (2020). GAP Model of Service Quality and Customer Relationships (Issue September). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.27904.6656. Fadhli, K., & Pratiwi, ND (2021). The Influence of Digital Marketing, Product Quality, and Emotional on Consumer Satisfaction at Poskop ZIO Jombang. Journal of Research Innovation, 2(2), 603–612.
Ghozali, I. (2016) Desain penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk akuntansi, bisnis, dan ilmu sosial lainnya.Penerbit Yoga Pratama: Semarang.
Haryanti, N., Sa’diyah, D. F. ., Winarto, W., & Supriyono, S. (2023). The Influence of Service Quality and Social Media Marketing on Consumer Satisfaction . International Journal of Islamic Business and Management Review, 2(2), 249–260. https://doi.org/10.54099/ijibmr.v2i2.375
Raden K, H., Rozaq, A., Yunida, R., & Padli, P. (2017). Pengukuran Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Berbasis Eduqual Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Positif, 3(1), 25-34.
Kotler, P., & Keller, KL (2018). Marketing Principles. CV. Qiara Publisher: Pasuruan.
Mahmudah, M., Kapi, M. B., & Muslimah, M. (2021). Parental Participation-Based Portfolio Assessment during Covid-19 Pandemic. Bulletin of Science Education. 1 (1): 1-6. 2021.
Mamun-ur-Rashid, M., & Rhman, M. Z. (2017). Quality of higher education in Bangladesh: Application of a modified SERVQUAL model. Problems of Education in the 21st Century, 75(1), 72.
Pratomo, I., Rohayati, Y., & Wulandari, S.(2016). Using Eduqual and Kano ’ S Model To Improve the Service Quality of Training and Certification Program. 2–6.
Tjiptono, F. (2018). Service Management, Creating Excellent Service. Yogyakarta: CV Andi.
UNDP. (2020). Human Development Report 2020, The Next Frontier: Human Development and the Anthropocene,Briefing note - Myanmar. UNDP