Penerapan Unsur Kearifan Lokal pada Desain Kemasan Produk Khas Betawi

Authors

  • Dwi Agnes Natalia Bangun Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta, Depok, 16425, Indonesia
  • Andriyanto Andriyanto Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta, Depok, 16425, Indonesia
  • Siti Adabiyah Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta, Depok, 16425, Indonesia
  • Saskia Deanaya Megaputri Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta, Depok, 16425, Indonesia
  • Nadira Raihana Humairrah Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta, Depok, 16425, Indonesia

Keywords:

Desain Kemasan, Kearifan Lokal, Produk Kuliner Khas Betawi

Abstract

Inovasi pada desain kemasan dapat meningkatkan daya saing produk UMKM dalam ekosistem perdagangan online maupun offline. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan yaitu dengan mengangkat unsur kearifan lokal pada produk khas daerah, termasuk pada produk kuliner khas Betawi. Namun, banyak pelaku UMKM yang belum melihat peluang peningkatan penjualan melalui pengembangan desain kemasan dengan unsur budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan unsur kearifan lokal Betawi pada desain kemasan produk kuliner khas Betawi dan pengaruhnya terhadap persepsi konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur, serta metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa elemen visual dengan unsur budaya Betawi yang paling banyak ditemukan pada produk kuliner khas Betawi adalah elemen warna, elemen grafis, dan elemen ilustrasi. Penggunaan dua elemen visual yang mengandung unsur budaya Betawi paling banyak ditemukan dan unsur budaya Betawi yang paling banyak ditemukan yaitu ondel-ondel, ornamen gigi balang, dan warna khas Betawi. Desain kemasan dengan unsur kearifan lokal Betawi lebih banyak dipilih konsumen dan dianggap konsumen perlu ada untuk menunjukkan identitas daerah, menambah nilai komersial produk dan membantu melestarikan budaya Indonesia.

References

Devi, S. C., & Muallimah, H. (2019). Perancangan Kemasan sebagai Media Promosi Borondong Majalaya. Kreatif (Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental dan Inovatif), 01(01), 36–43.

Erlyana, Y. (2018). Analisis Peranan Desain Kemasan terhadap Brand Identity dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia dengan Studi Kasus: Produk Oleh-oleh Khas Betawi “MPO ROMLAH.” Proceedings of National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development, 1079–1097. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1316

Ermawati, E. (2019). Pendampingan Peranan dan Fungsi Kemasan Produk dalam Dunia Pemasaran Desa Yosowilangun Lor. Empowerment Society, 2(2), 15–22. https://doi.org/10.30741/eps.v2i2.459

Gurning, L. R. M., & Susilowati, M. (2019). Analisa Visual Desain Kemasan Lipstik Creamatte Emina Terkait Segmentasi Pasar. Jurnal Magenta, 3(01), 437–451.

Hidayah, S. N., & Setyawan, I. (2013). Pengaruh Pemberian Storytelling terhadap Kecerdasan Moral Anak Usia Sekolah (Studi Eksperimental Di SDN Tembok Luwung 01). Jurnal Empati, 2(3), 587–594.

Joutsela, M. (2010). Multisensory Persuasion and Storytelling through Packaging Design. Proceedings of the 17th IAPRI World Conference on Packaging, 225–229.

Kusumowardhani, P. (2017, October 28). Identifikasi Unsur Visual Bentuk Dan Warna Yang Menjadi Ciri Khas Motif Ragam Hias Batik Betawi Tarogong Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Seni Dan Desain. Seminar Nasional Seni dan Desain, Surabaya.

Latufah, T. D., Sari, R. P., & Anto, P. (2020). Ornamen Gigi Balang pada Kemasan Kembang Goyang sebagai Ciri Khas Betawi. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 2(02), 130–135. https://doi.org/10.30998/vh.v2i2.718

Marwan, R. H. (2018). Kajian Semiotika Warna pada Ondel-ondel Betawi Tahun Pembuatan 2010 di Jakarta Selatan. Inosains, 13(2), 121–135.

Nugrahani, R. (2015). Peran Desain Grafis pada Label dan Kemasan Produk Makanan UMKM. Jurnal Seni Imajinasi, 11(2), 127–136.

Nur, S. A., Sadika, F., & Setiawan, A. F. (2022). Perancangan Kemasan (Packaging) Produk Topi Di Perusahaan Geoffmax. e-Proceeding of Art & Design, 09(01), 225–266.

Nurviana, N., Sunarto, P., & Syarief, A. (2015). Identitas dan Karakter Budaya Lokal pada Kemasan Makanan Oleh-Oleh. Wimba : Jurnal Komunikasi Visual, 4(2). https://doi.org/10.5614/jkvw.2012.4.2.1

Pradika, M. D. A., Swandi, I. W., & Mudra, I. W. (2020). Kajian Ilustrasi, Tipografi, Dan Warna Dalam Membentuk Estetika Pada Desain Kemasan Pod Cokelat Edisi Dark Chocolate Bali. Prabangkara (Jurnal Seni Rupa dan Desain), 24(02), 59–63.

Purbasari, M. (2010). Indahnya Betawi. Humaniora, 1(1), 1–10.

Rizi, M. S., Paknejad, F., Rizi, R. S., & Mamaghani, N. K. (2022). A Story-based Design: A Research on Narrative Packaging Design. International Journal of Architectural Engineering & Urban Planning, 32(1). https://doi.org/10.22068/ijaup.538

Sari, N. L. D. I. (2013). Elemen Visual Kemasan sebagai Strategi Komunikasi Produk. Jurnal Komunikasi Profetik, 6(1), 43–52.

Saryanti, I. G. A. D., Mandasari, E., & Sidhiantari, I. G. A. P. I. (2020). Pengembangan dan Pemanfaatan Desain Kemasan sebagai Media Promosi pada UKM Heavenine. Journal of Community and Development, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.47134/comdev.v1i1.1

Saud, M. (2022). The Psychology of Food and Colors. Just Agriculture, 2(11), 1–4.

Sholikatin, W. (2019). Perancangan Kemasan Produk Kripik Makroni Spiral Makeci. DESKOVI : Art and Design Journal, 2(2), 73–80. https://doi.org/10.51804/deskovi.v2i2.517

Wibisono, N., Setiawati, L., Lasambouw, C. M., Hutapea, R. S., Pakpahan, R., & Suwondo, S. (2022). Perancangan Desain Kemasan Inovatif dan Berdaya Saing Untuk Produk Tape Ketan ”Rasa Manis” Sebagai Media Promosi. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 18(1), 63–71. https://doi.org/10.31940/jbk.v18i1.63-71

Wiratama, I. M. A., Sari, N. L. D. I. D., Dwita, I. A., & Ari, K. (2022). Perancangan Ilustrasi Kemasan Kopi Nini Bali Kintamani [Working Paper]. ISI Denpasar.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Bangun, D. A. N., Andriyanto, A., Adabiyah, S., Megaputri, S. D., & Humairrah, N. R. (2023). Penerapan Unsur Kearifan Lokal pada Desain Kemasan Produk Khas Betawi. Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 2, 303–313. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sniv/article/view/391