Pembuatan Aplikasi Latihan Reading Comprehension pada Test Toiec Berbasis Mall
Keywords:
MALL, TOEIC, Reading ComprehensionAbstract
Lulusan politeknik diminta untuk mempunyai keterampilan yang memadai agar mereka dapat segera bekerja di dunia industry. Hal ini mendorong dosen vokasi, khususnya di PNJ (Politeknik Negeri Jakarta) yang mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti test TOEIC (Test of English for International Communication) agar mendapatkan sertifikat kompetensi berbahasa. Para calon lulusan diwajibkan mengikuti test TOEIC sebagai kewajiban untuk melamar pekerjaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan membuat prototipe desain aplikasi Reading Comprehension Bahasa Inggris pada test TOEIC pada smartphone atau MALL berbasis android yang bertujuan melatih mahasiswa berpikir kritis dan solutif. Pembelajaran Bahasa Inggris di PNJ membuat mahasiswa akhir merasa kurang waktu dan tempat untuk berlatih. Aplikasi Mobile Assisted Language Learning (MALL) ini akan membantu mahasiwa untuk belajar TOEIC khususnya Reading comprehension yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.
References
Fauziati, E. 2016. Analisis Pertanyaan Pada Butir Soal Reading Comprehension Pada Test TOEIC. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 9-22.
Gromik, Nicolas. 2012. “Cell Phone Video Recording Feature As A Language Learning Tool: A Case Study”. Computers & Education, 58, 223-230. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2011.06.013.
Hashima, Harwati, dkk. 2017. Mobile-Assisted Language Learning (MALL) for ESL Learners: A Review of Affordances and Constraints. Pusat Pengajaran dan Teknologi Pembelajaran, Fakulti Pendidikan, Universiti Kebangsaan Malaysia. Malaysia: UTM Press.
Lindaman, D., & Nolan, D. 2015. Mobile-Assisted Language Learning: Application Development Projects within Reach For Language Teachers. The International Association for Language Learning Technology (IALLT) Journal. Vol. 45, No. 1.
Pachler, Norbert & Cook, John. 2010. Mobile Learning: Structures, Agency, Practices. New York: Springer.
Pim, C. 2013. Emerging Technologies, Emerging Minds: Digital Innovations within the Primary Sector. British Council 2013/C607. ISBN 978-0-86355-713-2.
Rahimi, Mehrak & Miri, Seyed. 2014. “The Impact of Mobile Dictionary Use on Language Learning”. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 98, 1469—1474. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.567.
Rivers, Damian J. 2009. “Utilizing the Quick Response (QR) Code within the Japanese EFL Environment”. JALT CALL Journal, 5 (2), 15—28. https://doi.org/10.29140/jaltcall.v5n2.77.
Sandberg, J., Maris, M., & de Geus, K. 2011. “Mobile English Learning: An Evidence-Based Study with Fifth Graders”. Computers & Education, 57, 1334-1347.https://doi.org/10.1016/j.compedu.2011.01.015.
Tannenbaum, R. J., & Wylie, E. C. 2008. Linking English‐language test scores onto the common European framework of reference: An application of standard‐setting methodology. ETS Research Report Series, 2008(1), i-75.
Valarmathi, K. E. 2011. “Mobile Assisted Language Learning”. Journal of Technology for ELT. 2 (2). Annammal College of Education for Women, Thoothukudi.https://sites.google.com/site/journaloftechnologyforelt/archive/april2011
/mobileassistedlanguagelearning.
Yudhiantara, R. A., & Saehu, A. 2017. Mobile-Assisted Language Learning(MALL) in Indonesian Islamic Higher Education. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics). Vol. 2, No. 1.