Pemanfaatan Website Direktorat Jenderal Pajak oleh Penyedia Jasa Laundry di Wilayah Pasar Minggu Jakarta Selatan

Authors

  • Lia Ekowati Politeknik Negeri Jakarta
  • Taufikul Ichsan Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Jakarta
  • Yusep Friya Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Perpajakan, Website DJP, Laundry

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan penggunaan website DJP oleh penyedia jasa Laundry dan memberikan solusi strategis atas masalah yang dihadapi dalam penggunaan website tersebut. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif yang menganalisis data primer hasil kuesioner dan wawancara penyedia jasa Laundry serta data sekunder dari penggunaan website DJP. Data diolah dengan membandingkan hasil wawancara terhadap penggunaan website tersebut dan mengukurnya berdasarkan skala likert. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Penyedia jasa Laundry di Wilayah Pasar Minggu Jakarta Selatan telah memanfaatkan website DJP dengan baik (score 3,21). Kesediaan dan aksesibilitas dokumen yang Baik, kejelasan dan kelengkapan informasi yang Baik, serta keterbukaan proses berada pada posisi Sangat Baik, mencerminkan keberhasilan DJP dalam memaksimalkan penggunaan dan keberadaan website DJP. Kerangka regulasi yang menjamin transparansi perlu ditingkatkan, khususnya informasi teknis pengaplikasian peraturan pajak. DJP memberikan perhatian khusus atas akses website pada waktu menjelang batas waktu pelaporan pajak.

References

Bahri, R., & Naharia. (2019). Pengembangan Usaha Jasa Laundry dalam Meningkatkan Pendapatan Marginal rumah tangga dalam Perspektif Ekonomi Islam di Watampone (Studi Pada Octa Laundry). Jurnal Ilmiah Al Tsarwah, 180-201.

Guswita, N. (2021). Analisis Penerapan Akuntansi Pada Usaha Laundry Di Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Kota Bukit Tinggi. Pekanbaru: Program Studi Akuntansi S1, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Islam Riau.

Indonesia, R. (2022). Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Indonesia, R. (2023). Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2022 tentang Penyesuaian Pengaturan di Bidang Pajak Penghasilan.

Kosasih, E., Verawati Suryaputra, Suryaputra, V., & Limijaya, A. (2017). Model Perhitungan Harga Pokok Untuk Perusahaan Laundry. JURNAL ASET (AKUNTANSI RISET), 9(2), 1-14.

Kristianten. (2006). Transparansi Anggaran Pemerintah. Jakarta: Rineka Cipta.

Lokmansyah, E. L., & Harini, R. (2016). Kajian Usaha Laundry Di Dusun Pogung Kidul Desa Sinduadi Kecamatan Mlati. Jurnal Bumi Indonesia, 5(1), 58-72.

Novyanty, P. (2019). Analisis Pendapatan Usaha Jasa Laundry Di Kecamatan Syiah Kuala (Kajian Perspektif Ekonomi Islam). Banda Aceh: Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

PANRB. (2020). Laporan Survey Indeks Persepsi Korupsi Kantor BASARNAS Semarang.

Pratama, M. Y., & Rahmawati, N. F. (2021, 6). Analisis Trend Bisnis pada Jasa Laundry Cukling Di Jakarta Timur. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 198-206.

Resmi, S. (2019). Perpajakan Teori Dan Kasus (11 ed., Vol. 1). Jakarta, Jakarta, Indonesia: Salemba Empat.

Silalahi, M., Purba, D., & Simanjuntak, R. (2020, 4). Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Dan Penerimaan Kas Pada Usaha Laundry Yorin Fw Medan. JURNAL AKUNTANSI DAN KEUANGAN METHODIST, 3(2), 165-174.

Sudiartini, N. A., Astari, A. E., Laksmi, N. A., & Damayanti, N. P. (2021, 6 15). Studi Kelayakan Bisnis Pada Usaha Sari Merta Laundry Di Desa Guwang Kecamatan Sukawati. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi (JPENSI), 6(2), 116-142.

Susilowati, M. (2018, 10). Desain Sistem Informasi Akuntansi Terintegrasi Lima Siklus Pada Usaha Jasa Laundry. KURAWAL : Jurnal Teknologi, Informasi, dan Industri, 1(2), 65-72.

DJP. (2023). Pajak.go.id. https://www.pajak.go.id/

Jakarta. (2023). Jakarta.go.id. https://www.jakarta.go.id/

Yunita, E. A., & Amin, M. A. (2022, 1). Pelatihan dan Pembinaan terhadap Pengembangan Usaha Laundry di. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 2(1), 321-326.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Ekowati, L., Ichsan, T., & Friya, Y. (2023). Pemanfaatan Website Direktorat Jenderal Pajak oleh Penyedia Jasa Laundry di Wilayah Pasar Minggu Jakarta Selatan. Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 2, 90–96. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sniv/article/view/383