Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty yang di Mediasi oleh E- Satisfaction Pengguna E-Commerce Lazada Kota Bandung
Keywords:
E-Service quality, E-Loyalty, E-Satidfaction, E-CommerceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh eservice quality terhadap e-loyalty melalui e-satisfaction pada situs web e-commerce Lazada di Kota Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah warga Kota Bandung dengan usia minimal 17 tahun. Sampel yang diambil sebanyak 120 responden dengan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS versi 25.0. Adapun alat yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji sobel. Temuan dimensi e-service quality hanya website design dan privacy yang berpengaruh positif terhadap e- satisfaction. Selanjutnya variabel esatisfaction berpengaruh positif terhadap e-loyalty dan ditemukan bahwa dari empat dimensi e-service quality hanya website design dan privacy yang berpengaruh positif terhadap e-loyalty melalui e- satisfaction.
References
Akuntansi, J., Syariah, P., Quality, P. E., Terhadap, D. E., Shopee, L., Di, M. E., Pandemi, M., Rojiqin, M. K., Hadi, S. N., & Utomo, Y. T. (2022). Jamasy : Jamasy : 2(2020), 1–16.
Ashoer, M. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap ESatisfaction Pada Pelanggan Situs Toko Online Brodo.
JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 15(3), 238–251. https://doi.org/10.26487/jbmi.v15i3.4543
Berliana, C. (2022). Satisfaction As A Mediation Variable Satisfaction Sebagai Variabel Mediasi. 3(September), 2397–2413.
Christianto, H. (2020). Penggunaan Media Internet Dalam Pemenuhan Hak Atas Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 : Perspektif Hak Asasi Manusia Dan Hukum Pidana The Use Of Internet Media On Fulfilling Rights To Education During The Covid- 19 Pandemic : Human Rights And Criminal La.
Della Prisanti, M., Suyadi, I., & Arifin, Z. (2017). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trus Terhadap Ecustomer Satisfaction Serta Implikasinya Terhadap Ecustomer Loyalty (Studi pada Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Pembantu Lawang). Journal of Business Studies, 19(1), 2443–3837. http://keuangan.kontan.co.id
Herlina, H., & Diputra, T. T. (2018). Implementasi Rumus Sobel Pada Web Dengan Topik Regresi Linier Menggunakan Variabel Intervening. Jurnal Algoritma, Logika Dan Komputasi, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.30813/j-alu.v1i1.1106
Messakh, H. (2016). Pengaruh Kualitas E-Service terhadap Loyalitas Pelanggan Traveloka melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Agora, 4(1), 350–356.
Mohanty, S., Pinelli, R., & Dahia, C. L. (2020). Characterization of Krt19 CreERT allele for targeting the nucleus pulposus cells in the postnatal mouse intervertebral disc. Journal of Cellular Physiology, 235(1), 128–140. https://doi.org/10.1002/jcp.28952
Mood, A., Graybill, F. A., & Bones, D. C. (1974). Introduction to the Theory of Statistics. New York: McGraw-Hill.
Santika, I. W., & Pramudana, K. A. S. (2018). Peran Mediasi ESatisfaction Pada Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Situs Online Travel Di Bali. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(3), 278–289. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i3.35
Saragih, L. S. (2019). Dampak Online Travel Agent (OTA) Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Di Pardede Internasional Hotel Medan. Jurnal Online Nasional, 3(1), 48.
SUTISNA, M. F. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Pada Website Lazada.Co.Id Yang Dimediasi Oleh Variabel E -Satisfaction (Studi Pada Konsumen Lazada Indonesia). 1–118.
Wilis, R. A., & Nurwulandari, A. (2020). The effect of E-Service Quality , E-Trust , Price and Brand Image Towards E-Satisfaction and Its Impact on E-Loyalty of Traveloka ’ s Customer. 4(3), 1061–1099.