Pengaruh Involment dan E-WOM Terhadap Minat Generasi Z Memilih Open Trip Saat Berwisata
Keywords:
E-WOM, Generasi Z Involment, Open TripAbstract
Open trip adalah salah satu bentuk melakukan perjalanan wisata yang banyak dilakukan pada saat ini. Open trip dilakukan oleh pribadi maupun sekelompok orang yang menawarkan bepergian ke tujuan yang sudah ditentukan dengan biaya di tanggung bersama. Tujuan dari mengadakan wisata open trip ini adalah agar dapat mengunjungi destinasi wisata yang diminati dengan biaya yang lebih murah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji variable Involment dan variable e-WOM sebagai penentu minat generasi z untuk melakukan perjalanan wisata dengan menggunakan open trip. Responden adalah generasi z yang berusia maksimal 26 tahun. Mereka adalah konsumen potensial dan sebagai penentu bentuk wisata dimasa datang. Jumlah reponden 120 orang yang sudah pernah mengikuti Open trip. Kuesioner disebarkan secara online. Data diolah dengan metode regresi berganda. Kesimpulan penelitian ini adalah Involmen yang berupa keterlibatan responden untuk menentukan ittierary wisata, biaya yang harus di bayarkan dan waktu melakukan wisata mempengaruhi minat menggunakan perjalanan wisata dengan open trip. Flexibilitas sangat menentukan bagi generasi z. Varaiabel ke 2 E-WOM berupa review positif, review negatif dan rekomendasi mempengaruhi minat menggunakan open trip.
References
Jayathilaka, R., Dharmasena, T., Rezahi, N., & Haththotuwegama, S. (2020). The impact of online reviews on inbound travellers’ decision making. Quality & Quantity, 54(3), 1005-1021.
Gursoy, D. (2019). A critical review of determinants of information search behavior and utilization of online reviews in decision making process (invited paper for ‘luminaries’ special issue of International Journal of Hospitality Management). International Journal of Hospitality Management, 76, 53-60.
Femenia-Serra, F., Perles-Ribes, J. F., & Ivars-Baidal, J. A. (2019). Smart destinations and tech-savvy millennial tourists: hype versus reality. Tourism Review.
Aswari, A. (2019). How digital technology driven millennial consumer behaviour in Indonesia. Journal of Distribution Science, 17(8), 25-34.
Vongurai, R., Elango, D., Phothikitti, K., & Dhanasomboon, U. (2018). Social media usage, electronic word of mouth and trust influence purchase-decision involvement in using traveling services. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 6(4), 32-37.
Kong, W. H., & Chang, T. Z. (2016). Souvenir shopping, tourist motivation, and travel experience. Journal of Quality Assurance in Hospitality & Tourism, 17(2), 163-177.
Rita, P., Brochado, A., & Dimova, L. (2019). Millennials’ travel motivations and desired activities within destinations: A comparative study of the US and the UK. Current Issues in Tourism, 22(16), 2034-2050.
Lu, J. L. (2020). Analysing spending behaviour for different airline tourists: Evidence from Taiwanese tourists travelling to North-East Asia. Journal of Air Transport Studies, 11(2), 1-20.
Kurniawati, R. (2022). Open trip Among Jakarta Millennial Travelers in Post Pandemic Covid-19.
Khaskheli, G. A., Rajper, Z. A., Mangi, Q. A., Hussain, R. S., & Shar, A. H. (2020). A mediation analysis of social media marketing between the relationship of entrepreneurial marketing strategies and the performance of small & medium enterprises in Pakistan. Indian J. Sci. Technol, 13(29), 2024-2034.
Mokhtarian, P. L., Salomon, I., & Singer, M. E. (2015). What moves us? An interdisciplinary exploration of reasons for traveling. Transport reviews, 35(3), 250-274.
Dimock, M. (2019). Defining generations: Where Millennials end and Generation Z begins. Pew Research Center, 17(1), 1-7.
Dolot, A. (2018). The characteristics of Generation Z. E-mentor, 74(2), 44-50.
Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.
Kamargianni, M., Dubey, S., Polydoropoulou, A., & Bhat, C. (2015). Investigating the subjective and objective factors influencing teenagers’ school travel mode choice–An integrated choice and latent variable model. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 78, 473-488.