Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan English Language Skill Mahasiswa

Authors

  • Fitria Nugrahani Politeknik negeri Jakarta
  • Ade Rahma Yuly Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, English Language Skill, Unity, DDD-E

Abstract

Pada kondisi pandemi yang sudah kita lewati selama beberapa tahun, pembelajaran mahasiswa dilaksanakan dalam bentuk blended learning. Blended Learning sendiri dibagi menjadi tiga bagian, yaitu pembelajaran mandiri, distance learning (e-Learning PNJ), serta pembelajaran klasikal secara luring di kampus. Berdasarkan identifikasi yang sudah penulis lakukan menggunakan teknik analisis USG (Urgency, Seriousness, Growth), metode pembelajaran blended learning yang sudah dilaksanakan selama pandemi kurang maksimal dan mengakibatkan beberapa permasalahan, salah satunya adalah menurunnya English language skill mahasiswa, yang terlihat dari merosotnya nilai bahasa inggris mereka selama pandemi. Isu ini kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal seperti: motivasi mahasiswa, metode pembelajaran yang diberikan, dan bahan pembelajaran yang masih terbatas. Bahan pembelajaran yang masih sebatas e-book dan video pembahasan teori saja mengakibatkan adanya output pembelajaran yang belum sesuai dengan kurikulum. Tidak tercapainya capaian pembelajaran suatu mata kuliah maka dapat berpengaruh kepada menurunnya kualitas lulusan institusi PNJ. Dari masalah yang telah dijabarkan diatas strategi yang dapat dilakukan adalah dengan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan English Language Skill Mahasiswa. Penelitian ini berfokus dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan English Language Skill Mahasiswa dalam Mata Kuliah English for Communication. Pembuatan media pembelajaran interaktif yang digunakan dalam pembelajaran akan menggunakan Unity dengan metode pengembangan multimedia DDD-E (Decide-Design-Develop-Evaluation).

References

Gulo, S., & Harefa, A.O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. EDUCATIVO: JURNAL PENDIDIKAN, Vol. 1, No. 1, 291-299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40

Hakim, M. L., Asrowi, & Akhyar, M. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Arab Materi Profesi bagi Siswa Kelas VIII SMP IT Al-Huda Wonogiri. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 249–263. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.9537.

Heng, K., & Sol, K. (2020). Online Learning during COVID-19: Key Challenges and Suggestions to Enhance Effectiveness. Cambodian Education Forum (CEF). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0248758

Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia Interaktif untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(1), 17–32. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902.

Khoir, H. M., Murtinugraha, R. E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal PenSil, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453

Putri, C. D., Pursitasari, I. D., & Rubini, B. (2020). Problem Based Learning Terintegrasi STEM di Era Pandemi Covid- 19 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 4(2), 193–204. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.17859.

Rahmadianto, S. A., & Melany. (2018). Perancangan Multimedia Interaktif Pengenalan DKV Ma Chung sebagai Upaya Meningkatkan Brand Equity. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(02), 130–142. https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i02.1623

Seetharaman, B. (2016). Sampling and Methods of Data Collection in Qualitative Research. Indian J Cont Nsg Edn, 17:41-7. https://www.ijcne.org/text.asp?2016/17/2/41/286298

Syawaludin, A., Gunarhadi, & Rintayati, P. (2019). Enhancing Elementary School Students’ Abstract Reasoning in Science Learning through Augmented Reality-Based Interactive Multimedia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 288–297. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.19249

Wijayanti, R., Hasan, B., & Loganathan, R. K. (2018). Media Comic Math Berbasis Whiteboard Annimation dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 53. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.19207

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Nugrahani, F., & Yuly, A. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan English Language Skill Mahasiswa. Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 2, 49–53. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sniv/article/view/365