Variasi Beban Pengujian Stress Analysis Mobil Robot Penyerap Oli Tumpah Pada Industri Produksi
Keywords:
Finite Elemen, Mobil Robot, Stress AnalysisAbstract
Minyak oli yang tumpah pada mesin perkakas dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja pada industri. Pada penelitian ini dikembangkan akibat permasalahan tersebut, pengembangan yang dilakukan adalah dengan membuat mobil robot penyerap oli tumpah yang lebih safety dan aman. Fokus utama dari penelitian ini adalah dengan menguji variasi beban hingga mencapai titik kritis dengan menggunakan FEA (Finite Element Analysis) yaitu Stress Analysis menggunakan aplikasi Inventor yang dianalisis pada Chassis mobil robot. Pembaruan pada penelitian ini adalah menganalisis kekuatan chassis mobil robot penyerap oli terhadap variasi beban hingga mencapat titik kritis Penentuan konsep, metode yang digunakan adalah dengan menetukan konsep desain, proses Desain dan Hasil Desain, Perhitungan Tangki dan Beban-beban yang digunakan. Input Boundary Condition dan variasi beban. Hasil dari Von Mises Stress menunjukkan titik maksimum pada Chassis sebesar 2,334 MPa pada bagian kaki tumpuan jepit, tegangan maksimum sebesar 4,426 MPa pada beban 1,272 kg menghasilkan nilai tegangan maksimum sebesar 5,475 MPa, pembebanan sebesar 1,61 kg menghasilkan titik tegangan tertinggi sebesar 6,521 MPa, pembebanan sebesar 1,96 kg menghasilkan titik stres sebesar 7,569 MPa. Dengan variasi beban tersebut pengujian pertama dan pengujian kedua tidak menunjukkan titik kritis pada sasis dan tergolong masih aman untuk digunakan karena perpindahan tidak melebihi dari ketebalan sasis tersebut.
References
Abry, J., Mittelhaeuser, C., Wolf, S., & Turlier, D. (2018). Enhanced fatigue structural stress analysis of a heavy vehicle seam welded steel chassis frame: FEA model preparation, weld model description, fatigue stress calculation and correlation with 10 year operating experience. Procedia Engineering, 213(2017), 539–548. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2018.02.050
Dong, X., Li, J., Li, J., Chen, Q., Liu, J., & Li, T. (2020). Finite Element Analysis of the Maintenance Robot with Charged Used in Substation. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 711(1). https://doi.org/10.1088/1757-
X/711/1/012010
Miková, Ľ. (2019). DESIGN AND STRESS ANALYSIS OF WHEEL MOBILE ROBOT. TECHNICAL SCIENCES AND TECHNOLOGIES UDC, 17(3), 162–167.
Nanda, R. A., Supriyanto, A., & Dewadi, F. M. (2023). Using the MPX5500DP Sensor for Monitoring Microcontroller- Based HVAC Systems and IOT. REM (Rekayasa Energi Manufaktur) Jurnal, 8(1), 1–8.
Nanda, R. A., Supriyanto, A., Dewadi, F. M., Jati, R. R., & Kurniawan, L. A. (2022). PERANCANGAN DAN PERAKITAN ELEKTRONIKA MIKROKONTROLER BERBASIS IOT UNTUK STUDI PENGUKURAN SISTEM HVAC. BUANA ILMU, 7(1), 43–55.
Nanda, R. A., Supriyono, T., Ma’arof, R. A. R., & Dewadi, F. M. (2022). Analisis Chassis Mobil Robot Penanaman Bibit Kangkung Menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Teknik Mesin Mechanical Xplore, 2(2), 1–8.
Prabhakaran, S., Padmanabhan, S., & Joel, C. (2018). Design optimization and structural analysis of automotive chassis. International Journal of Mechanical and Production Engineering Research and Development, 8(Special Issue 7), 934–942.
Sucuoglu, H. S., Bogrekci, I., Gultekin, A., & Demircioglu, P. (2018). Design, Analysis and Development of Mobile Robot with Flip-Flop Motion Ability. IFAC-PapersOnLine, 51(30), 436–440. https://doi.org/10.1016/j.ifacol.2018.11.323
Sudirja, S., Hapid, A., Amin, Kaleg, S., & Budiman, A. C. (2020). Stress analysis simulations of welded and bolted joints method for full steel and composite-steel chassis structure of electric low floor medium bus. EUREKA, Physics and Engineering, 2020(6), 61–70. https://doi.org/10.21303/2461-4262.2020.001516
Vijayaragavan, E., Bhat, S., Patel, A., & Rana, D. (2018). Design and analysis of a mobile robot for storage and retrieval system. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 402(1). https://doi.org/10.1088/1757-
X/402/1/012205