Analisis Gerakan Pensil Mekanik Untuk Diterapkan Ke Kursor AutoCAD Dimana Mahasiswa Mengikutinya Di Kertas Gambar
Keywords:
CAD-drafting, Gambar Teknik, AutoCAD, pensil mekanik, konten digitalAbstract
Paper ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana gerakan kursor pada AutoCAD yang dilakukan oleh Dosen saat menyampaikan materi ajar Gambar Teknik disesuaikan dengan gerakan pensil mekanik pada kertas gambar yang dilakukan oleh Mahasiswa saat mengikuti perkuliahan tersebut. Hal tersebut perlu dilakukan agar Mahasiswa tahun pertama yang belum pernah menggunakan CAD-drafting tidak harus menggunakan aplikasi tersebut yang memerlukan waktu untuk menguasainya. Rumusan masalah penelitian pada paper ini adalah bagaimana sebaiknya materi ajar Gambar Teknik yang disampaikan Dosen menggunakan AutoCAD dapat diikuti dengan baik oleh mahasiswa yang menggunakan peralatan gambar teknik manual. Penelitian diawali dengan observasi kegiatan UAS Gambar Teknik tahun ajaran 2021/2022 yang dilaksanakan di Lab. Gambar, Jurusan Teknik Mesin, PNJ dan mengamati hasil gambar teknik mahasiswa yang sama pada tahun ajaran berikutnya (2022/2023). Selanjutnya adalah membuat tabel langkah-langkah yang dilakukan mahasiswa saat mengerjakan tugas Gambar Teknik tersebut. Kemudian menentukan perintah AutoCAD untuk digunakan Dosen pada setiap langkah tersebut lengkap dengan prosesnya yang akan diikuti mahasiswa menggunakan pensil mekanik. Kesimpulan utama paper ini bahwa konten yang harus ditampilkan oleh dosen ke layar komputer mahasiswa adalah ilustrasi garis-garis yang dihasilkan oleh gerak ujung pensil mekanik di atas kertas gambar.
References
Bairaktarova, D. (2017). Coordinating mind and hand: The importance of manual drawing and descriptive geometry instruction in a cad-oriented engineering design graphics class. Engineering Design Graphics Journal, 81(3), 1–16.
Çelik, H. C., Ertaş, H., & İlhan, A. (2018). The Impact of Project-Based Learning on Achievement and Student Views: The Case of AutoCAD Programming Course. Journal of Education and Learning, 7(6), 67. https://doi.org/10.5539/jel.v7n6p67
Döringer, S. (2021). ‘The problem-centred expert interview’. Combining qualitative interviewing approaches for investigating implicit expert knowledge. International Journal of Social Research Methodology, 24(3), 265–278. https://doi.org/10.1080/13645579.2020.1766777
Flick, U. (2018). Doing Qualitative Data Collection – Charting the Routes. In The SAGE Handbook of Qualitative Data Collection (pp. 3–16). SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.4135/9781526416070.n1
Kaiser, R. (2014). Qualitative Experteninterviews. In Qualitative Experteninterviews. Springer Fachmedien Wiesbaden. https://doi.org/10.1007/978-3-658-02479-6
Kuna, P., Hašková, A., Palaj, M., Skaan, M., & Záhorec, J. (2018). How to teach CAD/CAE systems. International Journal of Engineering Pedagogy, 8(1), 148–162. https://doi.org/10.3991/ijep.v8i1.8185
Lee, S. (2018). Impacts of Computer-aided Software on Introducing Architectural Drafting to Beginning Design Students. National Conference on the Beginning Design Student (NCBDS).
Piekarski, M. (2019). The didactics of construction technical drawing in the age of CAD and BIM technologies. The Journal of Polish Society for Geometry and Engineering Graphics, 32, 23–28. https://doi.org/10.36176/96.PTGiGI.2019.32.2.04
Puodziuniene, N., & Narvydas, E. (2021). Standards for transition from 2D drawing to model based definition in mechanical engineering. Mechanika, 27(4), 351–354. https://doi.org/10.5755/J02.MECH.25777
Rahardjo, M. (2017). Studi-kasus-dalam-penelitian-kualitatif: Konsep dan Prosedurnya.
Rahman, M. R. U., Khatib, M. I., Seema Rani, P., Shaikh, S., & Gunashekar, G. (2019). Effect of Computer Aided Drafting on Manual Drafting Skills. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 8(11), 3012–3014. https://doi.org/10.35940/ijitee.K2315.0981119
Rajesh, A., Mahesh, V., Srivastava, J. P., Abhilash, P., & Jakkula, S. K. (2020). Consequences on Manual Drawing Ability from Computer Aided Design and Computer Aided Manufacturing. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 981(4). https://doi.org/10.1088/1757-899X/981/4/042024
Safiee, Z., Hanapi, Z., & Sheh, Y. S. (2019). Factors Affecting the Readiness of Using AutoCAD Software in Teaching. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(5), 128–137. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v9-i5/5845
Sukandar, A., Hasan, B., & Suartini, T. (2020). Measuring technical drawing capability through online learning as a basic competency for vocational students. Journal of Engineering Education Transformations, 34(Special Issue), 1–6. https://doi.org/10.16920/JEET/2020/V34I0/157843