Faktor Penentu Keberhasilan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)di Politeknik Negeri Jakarta

Authors

  • Efriyanto Akutansi, Politeknik Negeri Jakarta
  • Aminah Akutansi, Politeknik Negeri Jakarta
  • Nexia Ramadhani Akutansi, Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Merdeka Belajar, Kolaborasi, Bidang Kerjasama

Abstract

MBKM (Merdeka Belajar – Kampus Merdeka), adalah konsep kurikulum di Perguruan Tinggi yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Seiring dengan itu Politeknik Negeri Jakarta(PNJ) telah mencanangkan misinya menciptakan lulusan yang bisa bekerja sesuai dengan kebutuhan industri. PNJ telah melaksanakan kurikulum MBKM sejak tahun 2019/2020 dengan kajian secara integratif melibatkan semua civitas akademik. Dari kajian dan implementasi MBKM saat ini PNJ melalui wadir 1 sangat gencar untuk sosialisasi dan edukasi kepada semua mahasiswa dan dosen. Namun ada kata kunci keberhasilan dari MBKM yang memastikan MBKM bisa terlaksana.. Persepsi Dosen dan mahasiswa tidak berpengaruh signifikan terhadap Efektivitas MBKM . Kegiatan Bidang 4 / Magang berpengaruh signifikan terhadap keputusan Efektivitas MBKM . Persepsi Dosen dan mahasiswa (X1) dan Kegiatan Bidang 4 / Magang (X2) yang dihasilkan dari variabel dependen yaitu Efektivitas MBKM (Y) sebesar 53,4% dan memiliki sisa sebesar 46,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

References

ARIFIN, S., & Muslim, M. O. H. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam AlIlmi,

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 4, No. 1

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2020). Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. Dipresentasikan pada webinar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ervin F. Sparapani, P. D., & David M. Callejo Perez, E. D. (2015). A Perspective on the Standardized Curriculum and Its Effect on Teaching and Learning

Fatmawati, E. (2020). Dukungan Perpustakaan Dalam Implementasi “Kampus Merdeka Dan Merdeka Belajar”. Jurnal Pustaka Ilmiah, Vol. 6 No. 2, Desember 2020

Fitri, A. Z. (2018). Achieving Graduate Competency Standards: Impact Of The Excellence Program. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 4, No. 1

Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 Dalam Berbagai Bidang. Guepedia Publisher

Fuadi, T. M., dan Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Bagaimana Penerapan Dan Kedala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vo. 5, No. 2

Han Yu & Naci Mocan. (2019). The Impact of High School Curriculum on Confidence, Academic Success, and Mental and Physical Well-Being of University Students.

Handayani, L. (2021). RELEVANSI KAMPUS MERDEKA TERHADAP KOMPETENSI GURU ERA SOCIETY 5.0 DALAM PERSPEKTIF EXPERIENTIAL LEARNING THEORY. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 5(1), 12–22.

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. E-PROSIDING PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO.

Marisa, M. (2021). INOVASI KURIKULUM “MERDEKA BELAJAR” DI ERA SOCIETY 5.0. Santhet:(Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora), 5(1), 66– 78.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “merdeka belajar” perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.

Simatupang, E. dan Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi, Vol. 2, No. 2

Siregar, N., Sahirah, R., Dan Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal Of Islamic Education (FJIE), Vol. 1 No. 1

Sukardjo, S., & Ukim, K. (2015). Landasan Pendidikan Konsep Dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Press.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Efriyanto, Aminah, & Ramadhani, N. (2023). Faktor Penentu Keberhasilan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)di Politeknik Negeri Jakarta. Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 2, 425–432. Retrieved from https://prosiding.pnj.ac.id/sniv/article/view/330