Perancangan Desain Kemasan Penyedap Rasa Berbasis Kansei Engineering
Keywords:
elemen desain, kansei engineering, konsep desain, pca, qtt1Abstract
Penyedap rasa merupakan produk yang paling sering digunakan sehari-hari. Kemasan penyedap rasa saat ini banyak menggunakan plastik sachet sehingga masih memiliki beberapa kekurangan seperti: kemasan yang sudah terbuka tidak dapat melindungi produk, sehingga produk berpotensi mengalami kerusakan penurunan kualitas seperti menggumpal. Selain itu kemasan kurang praktis, sulit untuk disimpan kembali, dan kurang memudahkan dalam proses penggunaan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan perancangan desain kemasan melalui penentuan konsep dan elemen desain kemasan sesuai preferensi konsumen. Salah satu metode yang efektif dalam proses pengembangan kemasan ini adalah Kansei Engineering. Kansei Engineering merupakan metode yang mampu menginterpretasikan perasaan pelanggan terhadap desain produk kemasan yang diinginkan. Metode ini didukung dengan metode pengolahan data untuk menentukan konsep desain yaitu principal component analysis (PCA), dan untuk menentukan elemen desain menggunakan quantification theory type-1 (QTT-1). Hasil yang diperoleh adalah 33 kata Kansei dan 40 sampel kemasan, sedangkan konsep yang diperoleh melalui analisis PCA adalah practical-reusable dengan elemen desain terdiri dari material berupa polimer (X1.2), berbentuk french square (X2.1), tutup lug cap (X3.5), ukuran besar (X4.3), serta memiliki sprinkler (X6.2).
References
Andrade, C. (2021). The Inconvenient Truth About Convenience and Purposive Samples. Indian Journal of Psychological Medicine, 43(1), 86–88. https://doi.org/10.1177/0253717620977000 Coghlan, A. (2014). A Little Book of R For Multivariate Analysis Release 0.1.
Delfitriani, Diki, & Uzwatania, F. (2022). Pengembangan Konsep Desain Kemasan Produk Handsanitizer dengan Pendekatan Kansei Engineering. Jurnal Agroindustri Halal, 8(1), 2442–3548.
Gumati, T. W., & Zulfiandri. (2020). Perancangan Pengembangan Kemasan Pakan Ternak dengan Metode Kansei Engineering di CV Nuansa Baru. Jurnal Inovisi: Teknik Industri, 16(2).
Habyba, A. N., Delfitriani, & Djatna, T. (2019). An affective design for jenang packaging in Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 230(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/230/1/012030
Hidayat, M. J., Ht, F., Lono, L., Simatupang, Y., Amir, P., Universitas, G., Mada, Y. J., & Bulaksumur, Y. (2014). Praktik Identitas dalam Desain Kemasan Makanan UKM. Jurnal Panggung, 24(4), 399–408.
Ilmaniati, A., & Putro, B. E. (2019). Analisis Komponen Utama Faktor-Faktor Pendahulu (Antecendents) Berbagi Pengetahuan Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Jarnal Teknologi, 11(1). https://doi.org/10.24853/jurtek.11.1.67-78
Ledinda, F., & Ikhsan, A. (2020). Desain Kemasan Bubuk Kopi Dengan Metode Kansei Engineering. Jurnal Inovisi: Teknik Industri, 16(2).
Muljani, N., Suhartatik, A., Lindawati, T., & Julius Nagel, P. F. (2020). Pentingnya Merek dan Kemasan untuk Meningkatkan Daya Saing Produk dari Usaha Mikro dan Kecil. Jurnal PEKA, 3(2). https://doi.org/10.33508/.v3i2.2997
Nagamachi, M., & Lokman, A. M. (2015). Kansei Innovation: Practical Design Applications for Product and Service Development.
Pratiwi, K., Andreyanto, M. T., & Taufik, A. M. (2023). Herbal beverage packaging product design using kansei engineering. Jurnal Terapan Teknik Industri, 4(1), 12–21. https://doi.org/10.37373/jenius.v4i1.365
Sari, N. P. (2019). Perencanaan dan Pengembangan Kemasan: Kansei Engineering (N. Martina, Ed.; pertama). PNJ Press.
Susetyarsi, T. (2012). Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentukkemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnyaterhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizonedi Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 4(3), 19–28.
Syukrianti, M., & Nurif, M. (2015). Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181–191.
Titaley, S., Ariviana, Kakerissa, L., & Tukuboya, A. R. (2018). Desain Kemasan Minuman Bubuk Sari Pala Menggunakan Metode Kansei Engineering. Seminar Nasional “Archipelago Engineering” (ALE).
Widiati, A. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah (UMKM) di “MAS PACK” Terminal Kemassan Pontianak. Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67–76.