Pengaruh E-WOM Menggunakan Referral Program dan Sales Promotion terhadap Minat Beli Pengguna Seabank (Studi pada Pengguna Seabank di Jabodetabek)
Abstract
Dalam penelitian HKT Ellen (2019) mengungkapkan bahwa E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Tetapi berbeda dengan penelitian yang dilakukan Reza dan Retno (2018) yang mengungkapkan bahwa E-WOM tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Penelitian yang dilakukan oleh Ya dan Chang (2017), promosi penjualan berpengaruh positif terhadap niat beli. Syamsu dan Sanaji (2014) menyatakan bahwa promosi penjualan memiliki pengaruh positif, namun tidak signifikan terhadap niat beli. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari E-WOM referral terhadap minat menggunakan seabank, pengaruh sales promotion terhadap minat menggunakan seabank, dan pengaruh E-WOM referral dan sales promotion terhadap minat menggunakan seabank. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil pengujian yang sudah dilakukan terhadap variabel e-wom referral, menunjukkan bahwa e-wom referral secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pengguna. Berdasarkan hasil pengujian yang sudah dilakukan terhadap variable sales promotion, menunjukkan bahwa sales promotion secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli penggunaan seabank. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji F (simultan) yang telah dilakukan, diperoleh hasil signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini berarti e-wom referral dan sales promotion atau seluruh indicator secara simultan berpengaruh terhadap minat beli penggunaa seabank.