OPTIMALISASI BISNIS PARIWISATA HALAL DI INDONESIA: Studi Kasus Strategi Bisnis Pariwisata Halal di NTB

Authors

  • Muhammad Haidar Al-Fatih Politeknik Negeri Jakarta
  • Sylvia Rozza Politeknik Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan bisnis pariwisata halal di NTB, serta dapat diterapkan juga secara nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan hybrid untuk menganalisis faktor-faktor strategis internal dan eksternal berupa kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang terdapat pada penyelenggaraan bisnis pariwisata halal di NTB secara kualitatif, kemudian dilanjutkan dengan perhitungan kuantitatif bobot dan rating pada matrik IFAS, EFAS, IE, dan SWOT untuk menemukan posisi strategis serta alternatif strategis yang dapat diterapkan. Analisis diakhiri dengan QSPM, mengerucutkan alternatif strategi dalam satu posisi strategis yang ada dalam satu posisi strategis menjadi satu strategi konkret yang diprioritaskan untuk mengoptimalkan penyelenggaraan pariwisata halal di NTB. Hasil penelitian ini dapat diterapkan di berbagai wilayah di indonesia karena bersifat universal serta menunjukan bahwa memperkuat kolaborasi bersama rekan industri dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan jangkauan pemasaran dan promosi pariwisata halal di pasar global merupakan strategi prioritas yang diterapkan untuk mengoptimalkan penyelenggaraan bisnis pariwisata halal.

Additional Files

Published

2024-04-30