Analisis Tingkat Kepatuhan Perpajakan Wajib Pajak Pengguna E-commerce (Studi Kasus pada Wajib Pajak UMKM Online shop XYZ)

Authors

  • Rubby Cahya Gardini Politeknik Negeri Jakarta
  • Lia Ekowati Politeknik Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan kewajiban perpajakan dan kepatuhan Wajib Pajak UMKM online shop XYZ sebagai pengguna e-commerce sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2022, kendala yang dihadapi, serta solusi yang dapat dilakukan dalam pemenuhan kewajiban perpajakan dan meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak pengguna e-commerce. Jenis penelitian ini berupa studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif sehingga penulis menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi dalam kegiatan mengumpulkan data. Narasumber pada penelitian ini merupakan Wajib Pajak Orang Pribadi online shop sebagai pengguna e-commerce yang memperoleh peredaran bruto usaha tidak lebih dari Rp4,8 miliar dalam setahun sesuai dengan kebijakan PP Nomor 55 Tahun 2022. Jenis wawancara yang dilakukan adalah semistruktur yang kemudian hasil dari wawancara akan dijabarkan dengan apa adanya saat pengumpulan data.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pemilik online shop XYZ telah memenuhi kewajiban perpajakannya dan dikatakan patuh sebagai Wajib Pajak sesuai dengan indikator yang digunakan pada penelitian ini. Namun dalam pemenuhan kewajiban perpajakannya, Wajib Pajak UMKM online shop XYZ menunjuk seorang kuasa untuk mengurus administrasi perpajakannya karena kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh Wajib Pajak terkait kebijakan PP Nomor 55 Tahun 2022.

Additional Files

Published

2024-04-30