Faktor - Faktor Penentu Nasabah Menggunakan Mesin Customer Service Digital Bank BCA di Jabodetabek
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui faktor nasabah Bank BCA menggunakan mesin customer service digital. Faktor tersebut adalah faktor fasilitas, faktor lokasi, dan faktor user friendly terhadap keputusan penggunaan mesin customer service digital Bank BCA. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada 100 responden yang menggunakan mesin customer service digital Bank BCA, menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 26.0 dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketiga variabel faktor fasilitas, faktor lokasi, dan faktor user friendly berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan penggunaan. Hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan manfaat bagi Bank BCA sebagai tambahan pengetahuan baru dalam menyelidiki faktor – faktor yang mempengaruhi penggunaan mesin customer service digital.
Kata Kunci : Digital Banking, Faktor fasilitas, faktor lokasi, faktor user friendly, keputusan penggunaan
Abstract
This research aims to determine the factors of Bank BCA customers using digital customer service machines. These factors are the facility factor, location factor, and user friendly factor in the decision to use Bank BCA's digital customer service machine. This study uses primary data obtained by distributing questionnaires to 100 respondents who use Bank BCA digital customer service machines, using a purposive sampling technique. The data analysis technique used in this study is multiple linear regression using SPSS version 26.0 and the results of this study indicate that the three variables of facility factors, location factors, and user friendly factors influence both partially and simultaneously on usage decisions. The results of this study are expected to provide benefits to Bank BCA as additional new knowledge in investigating the factors that influence the use of digital customer service machines.
Keywords: Digital Banking, facility factor, location factor, user friendly factor, usage decision