Penerapan Scada Pada Pengendali Dan Pemonitor Kecepatan Motor


Aisyah Shabira, Kusnadi Kusnadi

Abstract


SCADA atau Supervisory Control and Data Acquisition merupakan suatu sistem yang dapat melakukan pengawasan dan pengandalian proses produksi secara terpusat. SCADA berfungsi mengumpulkan informasi atau data-data dari lapangan dan kemudian mengirimkannya ke sebuah komputer pusat yang akan mengatur dan mengontrol data-data tersbut. Pada modul ini SCADA digunakan sebagai pengendali dan pemonitoring modul yang dapat dioperasikan secara digital. SCADA dioperasikan bersamaan dengan PLC (Programable Logic Controller) dan VSD (Variable Speed Drive) untuk pengendalikan kecepatan putar motor induksi 3 fasa. Hubungan komunikasi SCADA denga PLC dilakukan dengan pemasangan kabel ethernet antara PLC controller dengan PC yang digunakan sebagai kontrol SCADA. Agar SCADA dapat beroperasi, dilakukan penyesuaian program pada PLC berupa penduplikatan alamat input dan output pada PLC dengan alamat memori. Pada SCADA Vijeo Citect 7.50 Telah dirancang fitur yang dapat digunakan untuk proses pengendalian dan pemantauan yaitu tombol tekan untuk menghidupkan dan mematikan motor secara real time, lampu dan animasi indikator dan layar pembaca data variabel besar frekunsi dan besar kecepatan putar motor. Kondisi hubungan PLC, SCADA dan plant terindikasi baik dengan plant dapat dioperasikan dari SCADA dan segala perintah atau kondisi pada plant terbaca pada layar SCADA. Pada modul pengendali dan pemonitor kecepatan motor, SCADA mampu memonitor frekuensi putar motor 20Hz sampai dengan 50 Hz dengan kecepatan putar rotor 950 Rpm sampai dengan 2385 Rpm dengan slip rata-rata 0.14% hingga 0.21%.


Keywords


Kata Kuci: PLC, motor induksi 3 fasa, SCADA, VSD.

References


Evalina, N., & Zulfikar, A. A. (2018). Pengaturan Kecepatan Putaran Motor Induksi 3 Fasa Menggunakan Programmable Logic Controller. Journal of Electrical Technology, 3(2).

Isdawimah, Ismujianto (2018). Mesin Listrik. Depok: PNJ Press.

Dwiyaniti, M. (2019). Dasar-dasar Pemrograman SCADA dengan software Vijeo Citect. Depok Politek. Negeri Jakarta.

Agung, Muhammad, dkk (2021). Aplikasi SCADA Pada Pengendali Kecepatan Motor Induksi 3 Fasa Berbasis PLC – PID. Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro Volume 6. Politeknik Negeri Jakarta, Jurusan Teknik Elektro

Taufik, H., Wardono, S., & Dwiyaniti, M. (2020). Performansi Pengendalian Kecepatan Motor Induksi berbasis PLC-PID-SCADA. ELECTRICES, 2(2), 62-70.

Dwiyaniti, M., Nasution, S., & Daffa, M. F. (2021, February). Pemrograman PLC Pada Sistem Pengendalian dan Pemantauan Kecepatan Motor. In Seminar Nasional Teknik Elektro (Vol. 6, No. 2, pp. 180-187).

Dwiyaniti, M., Nasution, S., & Mahendra, T. (2021, February). Aplikasi Scada Pada Sistem Pengendalian Dan Pemantauan Kecepatan Motor. In Seminar Nasional Teknik Elektro (Vol. 6, No. 2, pp. 194-198).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.