Efisiensi Pembangkit Listrik Tenaga Surya


Driantama Ibnu Wibawa, Brilyan Edward Muhammad Salam, Bhadrika Dhairyatma Wasistha, Mohammad Rizal

Abstract


Penelitian ini membahas tentang nilai efisiensi dari sebuah sistem PLTS dengan judul penelitian “ Efisiensi PLTS OFF GRID”. Indonesia merupakan negara tropis yang mendapatkan cahaya matahari terus menerus sepanjang tahun dengan potensi energy surya yaitu sebesar 4,8 kWh/m2 atau setara dengan 122,999 giga watt peak (GWP). Energi surya ini dapat menjadi sebuah alternative yang tepat untuk memenuhi kebutuhan listrik dengan memanfaatkan energi terbaharukan. Besar daya dan efisiensi dari sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dapat diketahui dengan mengukur arus dan tegangan menggunakan alat ukur multimeter digital, dan iradiasi matahari menggunakan solar power meter. Kemudian data dapat dianalisa dengan membandingkan daya yang dihasilkan oleh modul surya dan iradiasi matahari. Begitu pula dengan komponen lain seperti solar charge controller, Baterai, dan Inverter. Tujuan dari dilakukannya perhitungan nilai efisiensi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Off-Grid ini adalah untuk memperoleh nilai efisiensi dari tiap komponen yang terpasang. Rendahnya nilai efisiensi dari sebuah modul photovoltaic dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu : Suhu permukaan PV, Shading (Bayangan) dan Intensitas Cahaya (Lux). Dari data yang didapatkan, maka diketahui bahwa efisiensi total pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Off-Grid sebesar 9,06%.


Keywords


Baterai; Efisiensi; Inverter; Modul Surya; Solar Charge Controller

References


Hakim, M. F. (2017). Perancangan Rooftop Off Grid Solar Panel Pada Rumah Tinggal Sebagai Alternatif Sumber Energi Listrik. Jurnal Dinamika Dotcom, 2.

KBBI. (2020, Juli 8). Pencarian "Efisiensi". Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/efisiensi

Rusman. (2015). Pengaruh Variasi Beban Terhadap Efisiensi Solar Sel dengan Kapasitas 50 Wp. TURBO Jurnal Teknik Mesin Univ. Muhammadiyah Metro, IV, 84-90.

H. T. Nurhayati, J. T. E. U. S. M, Soekarno, and H.Tlogosari. (n.d.). (2019). Implementasi MPPT (Maximum Power Point Tracker) Pada Sistem Photovoltaic. 2-6.

Taufiq, A., Hendra, A. P. (2010). Penggunaan Solar Cell untuk Sumber Energi Kursi Roda Otomatis dan Monitoring Aki. U.S. Utara. (1859). "Voltaic Pile).

Hutagalung, Siti Nurhabibah & Melda Panjaitan. (2017). Prototype Rangkaian Inverter Dc Ke Ac 900 Watt. Jurnal Pelita Informatika, 279.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.