Pemrograman Mesin Smart Bartender Menggunakan Software Arduino IDE Berbasis Microcontroller ATmega2560


Arif Adi Nur Rohman, Royan Hidayat, Fahreza Rizky Ramadhan

Abstract


Mesin Smart Bartender dibuat untuk menunjang kebutuhan manusia dalam melakukan pencampuran minuman lebih cepat dengan takaran yang akurat. Mesin ini menggunakan microcontroller Arduino ATmega2560 yang diprogram melalui Software Arduino IDE dengan menggunakan bahasa pemrograman C untuk membuat operasi input dan output-nya. Arduino akan secara otomatis mengontrol operasi pada perlengkapan mekanik maupun elektronik sehingga mampu menggantikan peran manusia dalam hal pengambilan keputusan. Mesin ini dilengkapi dengan software yang dapat diakses melalui smartphone menggunakan Bluetooth HC – 05. Terdapat enam buah botol yang diisi dengan minuman, minuman ini dapat dikombinasikan dengan minuman lain sehingga menghasilkan suatu resep dengan cita rasa yang khas. Mesin ini bekerja dengan cara mengatur posisi slider yang terintegrasi dengan motor stepper untuk bergerak ke arah pompa diafragma dan Solenoid Valve, terdapat Relay yang digunakan untuk mengaktifkan pompa diafragma dan solenoid secara bergantian berdasarkan waktu yang ada pada program. Pengujian mesin dibagi menjadi tiga jenis, yakni pengujian Relay, pengujian keakuratan volume, dan pengujian kualitas minuman yang dihasilkan mesin. Hasil pengujian menunjukan bahwa mesin ini dapat bekerja sesuai deskripsi, adapun rata-rata total untuk persentase error terhadap volume yang dihasilkan sebesar 1,51% dengan debit air rata – rata total sebesar 28,62 ml/s. Meskipun demikian mesin ini tetap dapat menghasilkan kualitas minuman yang terjaga dengan baik karena tidak ada perubahan warna yang signifikan pada pengujian kualitas minuman.


Keywords


Arduino; Microcontroller; Stepper Motor; Solenoid Valve; Pompa diafragma; Otomasi

References


Atmojo, A. D. (2018). Rancang bangun panel surya Portable dengan sprayer penyemprot tanaman petani tugas akhir. Bab 2-Page 6.

Beesley, P. (2016). Arduino at Work : the Hylozoic Soil control system Arduino at Work : the Hylozoic Soil control system Philip Beesley And Robert Gorbet. (January 2013), 2.

Dani Al Mahkya, Hasbi Yasin, A. M. (2014). Aplikasi Metode Golden Section Untuk Optimasi Parameter Pada Metode Exponential Smoothing. 2. https://doi.org/10.1007/s11139-020-00300-y

Djuandi, F. (2011). Pengenalan Arduino. E-Book. Www. Tobuku, 2. Retrieved from http://www.tobuku.com/docs/Arduino-Pengenalan.pdf

Kalatiku Yuri Yudhaswana, P. P. J. (2011). Pemrograman Motor Stepper Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman C. Mektek, (Vol 13, No 1 (2011)), 2. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Mektek/article/View/562

La Raufun, Sandi Ardiasyah. 2018. PROTOTYPE PENGONTROL PENGISIAN TANDON AIR SECARA PARALEL MENGGUNAKAN SOLENOID VALVE BERBASIS ATMEGA 2560. Jurnal Informatika Unidayan. 7(2).

M. Hendri, Jasmir, S.Kom, M. Kom, Agus Siswanto, S.Kom, M.Kom. 2014. MINIATUR CONVEYOR OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER. Jurnal Ilmiah Media Processor. 9(1).

Nazir, M. (2018). Menggunakan Kode Password Dan Smartphone. 1(2), 2.

Oktariawan, I., Martinus, M., & Sugiyanto, S. (2013). Pembuatan Sistem Otomasi Dispenser Menggunakan Mikrokontroler Arduino Mega 2560. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin FEMA, 1(2), 1.

Sadi, S. (2012). SISTEM KEAMANAN BUKA TUTUP KUNCI BRANKAS MENGGUNAKAN BLUETOOTH HC-05 BERBASIS ARDUINO MEGA 2560. 6.

Siti Sulbiyah Kurniasih, Dedi Triyanto, Yulrio Brianorman. 2016. RANCANG BANGUN ALAT PENGISI AIR OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER. Jurnal Coding Sistem Komputer Untan. 4(3): 43-52.

Syukran Harrizal, I., Syafri, & Prayitno, A. (2017). Rancang Bangun Sistem Kontrol Mesin CNC Milling 3 Axis Menggunakan Close Loop System. Jom Fteknik, 4, 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.