Analisa Berbagai Metode Mengkonversi Sampah Plastik Menjadi Energi Listrik


Muhamad Hendro Suryanto

Abstract


Permasalahan sampah plastik merupakan masalah yang besar dan rumit untuk ditangani. Masalah ini timbul akibat sifat dari plastik yang tidak mudah diuraikan secara bilogis, sehingga mudah sekali terjadi penumpukan sampah plastik yang sudah tidak terpakai. Indonesia adalah negara ke-2 dengan jumlah sampah plastik yang terbesar di dunia. Dengan predikat ini, tentunya banyak sekali hal yang harus kita lakukan untuk bisa menangani permasalahan sampah plastik ini dengan lebih baik. Salah satu opsi untuk menanggulangi permasalahan sampah plastik ialah mengkonversinya menjadi energi, terutama energi listrik. Hal ini memiliki dua manfaat, yaitu mengurangi timbunan sampah plastik, sekaligus menambah kemungkinan sumber energi listrik yang baru. Ada 2 macam cara yang dapat digunakan untuk mengkonversi sampah plastik menjadi bentuk energi. Pertama dengan pembakaran langsung yang mengkonversinya menjadi energi panas yang dapat memutar turbin generator listrik. Yang kedua adalah proses termokimia yaitu pirolisis dimana sampah plastik dikonversi menjadi bahan bakar minyak atau gas. Bahan bakar ini yang kemudian dapat dikonversi menjadi energi listrik dengan menggunakan generator. Proses pirolisis juga terbagi lagi menjadi tiga jenis. Yang pertama adalah Thermal Cracking yaitu proses pirolisis tanpa oksigen dan tanpa gas hidrogen maupun katalis. Kedua adalah Catalytic Cracking, yaitu proses pirolisis dengan menggunakan katalis. Terakhir adalah Hydro Cracking yang mana merupakan proses pirolisis menggunakan gas hidrogen dan juga katalis. Secara teori, Catalytic Cracking adalah proses yang paling efisien, diikuti oleh Hydro Cracking dan kemudian yang terakhir adalah Thermal Cracking. Meskipun sudah terdapat beberapa kajian yang cukup dalam, proses konversi energi pada sampah plastik ini masih memiliki potensi yang sangat besar untuk dilakukan kajian lebih lanjut, terutama pada konversi ke energi listrik. Kajian dapat berupa kajian teknis, maupun kajian dari segi ekonomi dan dampak lingkungan yang disebabkan. Hal ini dapat menjadi topik yang menarik sebagai potensi solusi mengatasi sampah plastik dan sumber energi baru yang dapat digunakan di masa yang akan datang.


Keywords


Alternative Fuel; Electrical Energy; Energy Conversion; Plastic Waste; Thermo-chemical Conversion;

References


J.R. Jambeck et al., Plastic Wastes Inputfrom Land into The Ocean, Sciencemag Journals, Vol 347 Issue 6223, February 2015.

H. Widyatmoko et al., Analisis karakteristik Sampah Plastik di Pemukiman Kecamatan Tebet dan Alternatif Pengolahannya, JTL, Vol. 7 No. 1, 24 – 33, 2015.

C.I. Idumah. I.C. Nwuzor, Novel Trends in Plastic Waste Management, Springer Nature Switzerland, Review Paper, 15 October 2019.

Faridha et al., Potensi Pemanfaatan Sampah Menjadi Listrik di TPA Cilowong Kota Serang Provinsi Banten, Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan, Vol. 14 No. 2, 103 – 116, 2 Desember 2015.

U.B. Surono, Berbagai Metode Konversi Sampah Plastik Menjadi bahan Bakar Minyak, Jurnal Teknik, Vol. 3 No. 1, April 2016.

Rafidah, A.R. Ismail, Pemanfaatan Limbah Plastik menjadi Bahan Bakar Minyak, Jurnal Solulipu: Media Komunikasi Sivitas Akademika dan Masyarakat, Vo. 18 No. 2, 2018.

R.H. Syihabuddin et al., “Recycle Green” Inovasi Tempat Sampah Pintar Pengurai Sampah Plastik Menjadi Energi Listrik, Prosiding IENACO, 2020.

N. Evalina et al., Pemanfaatan bahan Bakar Sampah Plastik Dengan Menggunakan Pembangkit Listrik Hot Air Stirling Engine, SEMNASTEK UISU, 2019.

U.B. Surono dan Ismanto, Pengolahan Sampah Plastik Jenis PP, PET dan PE Menjadi Bahan Bakar Minyak dan Karakteristiknya, Jurnal Matematika dan Sistem Termal (JMST), Vol. 1 No. 1, 33 – 37, 2016.

W. Sriningsih et al., Fuel Production from LDPE Plastic Waste over Natural Zeolite Supported Ni, Ni-Mo, Co and Co-Mo Metals, Procedia Environmental Sciences 20 (Elsevier), 215 – 224, 2015.

A. Akah et al., Enhanced Feedstock Recycling of Post-Consumer Plastic Waste, The Italian Association of Chemical Engineering, Vol. 43, 2015.

J. Socci et al., Catalytic Cracking of Sterically Challenging Plastic over High Acid Density Al-SBA-15 Catalysts, Applied Catalysts A, General, 23 November 2018.

S. Lee et al., Application of Waste Plastic Pyrolysis Oil in a Direct Injection Diesel Engine: For a Small-Scale Non-Grid Electrification, Energy and Environment Research, Vol. 5 No. 1, 2015.

O. Eriksson dan G. Finnveden, Plastic Waste as a Fuel – CO2 Neutral or Not, Energy and Environmental Science, 28 July 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.