SISTEM PEMANTAUAN pH PADA BUDI DAYA PERIKANAN BERBASIS IoT


Shabri Farhansyah, Ikhsan Kamil, Murie Dwiyaniti

Abstract


Dalam melakukan kegiatan budidaya perikanan, salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan adalah pH air tersebut. Karena kondisi pH suatu air sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan bahkan ikan bisa mati jika kondisi pH tidak sesuai dengan kemampuan ikan bertahan hidup. Namun, tidak semua peternak ikan mengerti cara memantau pH air secara otomatis. Maka dengan penggunaan sistem pemantauan pH dengan sensor pH dan mikrokontroler serta Internet of things dapat mengukur dan memantau pH air secara instan, otomatis dan mudah. Sensor pH adalah alat ukur untuk mengukur derajat keasaman atau kebasaan suatu cairan, pada pH meter digital terdapat elektroda khusus yang berfungsi untuk mengukur pH sebuah larutan. Untuk mengukur pH larutan, probe dicelupkan ke dalam larutan. Untuk menggunakan pH meter harus dilakukan kalibrasi terlebih dahulu. Kalibrasi harus dilakukan dengan setidaknya dua larutan buffer standar yang menjangkau rentang nilai pH yang akan diukur. Untuk tujuan umum buffer pada pH 4 atau pH 10 adalah larutan yang dapat digunakan. Jika telah dilakukan kalibrasi, probe pH meter ini dapat di uji ke larutan yang ingin diukur, sehingga mikrokontroler sebagai pengolah data dapat memberikan tampilan nilai pH pada larutan melalui aplikasi Blynk pada smartphone. Ketika sewaktu-waktu pH berada diluarbatas kapasitas hidup ikan, maka peternak ikan mendapat notifikasi berupa email bahwa terjadi gangguan. Alhasil, peternak ikan dapat menambahkan larutan dengan nilai pH 7 agar menyesuaikan pH dan ikan dapat berkembang dengan optimal.

Keywords


Sensor pH; mikrokontroler; blynk; IoT

References


Kordi, K.M.G.H, 2005. Pengelolaan Kualitas Air Dalam Budidaya Perairan. Rineka Cipta, Jakarta.

Kusrini, E., Cindelaras, S., & Prasetio, A. B. (2015). Pengembangan Budidaya Ikan Hias Koi (Cyprinus Carpio) Lokal Di Balai Penelitian Dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias Depok. Media Akuakultur, 10(2), 71-78.

Kumar, A., Kumari, M., & Dhami, T. (2019). Effect of different organic manure on the growth of Amur carp (Cyprinus carpio haematopterus) fingerlings with supplementary feed in the tarai. Journal of Entomology and Zoology Studies, 891.

Susanto, Heru.2000. Budidaya ikan di pekarangan. Penebar Swadaya.Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.