Pemodelan Simulasi Sistem Kontrol Kelembaban Tanah Berbasis Fuzzy Logic pada Automatic Greenhouse


Rika Novita Wardhani, Wafa Khodijah

Abstract


Salah satu  faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman dalam greenhouse adalah kadar air dalam tanah atau kelembaban tanah. Kekurangan maupun kelebihan kadar air dapat mengakibatkan tanaman di dalam greenhouse tidak dapat tumbuh dengan baik, sehingga diperlukan suatu sistem yang dapat bekerja secara otomatis untuk menjaga tingkat kelembaban tanah sesuai dengan kebutuhan tanaman. Hal tersebut sesuai dengan standar ISO/IEC 11179 bahwa sistem greenhouse yang ideal dapat mengatur 9 objek penyusun sistem greenhouse secara otomatis, salah satunya adalah kelembaban tanah. Pada Tugas Akhir ini dirancang suatu pemodelan simulasi sistem pengaturan kelembaban tanah berbasis kontrol logika fuzzy pada automatic greenhouse yang  diawali dengan perancangan model matematika dari komponen penyusun sistem pengaturan kelembaban tanah, yaitu aktuator, proses (plant), dan sensor. Hasil pengujian dari perancangan model matematis dijadikan dasar untuk merancang kontrol logika fuzzy. Berdasarkan pengujian pemodelan sistem kontrol kelembaban tanah automatic greenhouse menggunakan logika fuzzy, didapatkan nilai dari parameter performansi yaitu rise time sebesar 23 detik, settling time sebesar 53 detik, dan error steady state (ess) sebesar 0,65%. 


Keywords


Simulasi Pemodelan; Kontrol Logika Fuzzy; Kelembaban Tanah; Performansi Respon

References


Seo, Y., Kim, Y., Euijong L., Kwang-Soo S., Doo- Kwon B. 2018. Design of a Smart Greenhouse System based on MAPE-K and ISO/IEC-11179. IEEE. ISSN: 978-1-5386-3025-9/18.

Sudarmo, A. 2017. Pemanfaatan Pertanian Secara Hidroponik untuk Mengatasi Keterbatasan Lahan Pertanian di Daerah Perkotaan. ISBN: 978-602-392 375-5.

Pertiwi, P. 2015. Perancangan Sistem Pengendalian Level Menggunakan Fuzzy Logic Pada Unit Deaerator 101U di Pabrik Ammonia PT. Petrokimia Gresik. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Suroso, Satya H., Puput W. 2018. Pengendalian Posisi Azimut Antena Berbasis Global Positioning System (GPS) dengan Kendali PD Fuzzy. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

BMKG. 2020. Prakiraan Cuaca di Jakarta Selatan. Retrieved from BMKG: https://www.bmkg.go.id/cuaca/prakiraan cuaca.bmkg?Kota=Jakarta%20Selatan&AreaID=5011 3&Prov=7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.