APLIKASI TRANSCUTANEOUS ELECTRICAL NERVE STIMULATION (TENS) SEBAGAI TERAPI PEMULIHAN PENDERITA STROKE


Wisnu Broto, Fauzie Busalim, Ane Prasetsyowati, Noor Suryaningsih

Abstract


TENS  adalah  singkatan  dari Transcutaneous  Electrical  Nerve  Stimulation  (Stimulasi  Saraf  Listrik Transkutan)  Transkutan berarti "di kulit". Dalam istilah sederhana, unit TENS merangsang syaraf Anda dengan  arus  listrik  melalui  kulit  Anda.  Gelombang    pulsa  elektrik  yang  dimodifikasi  kemudian dilewatkan  dari  unit  TENS,  melalui  kabel  dan  elektroda  utama,  ke  saraf  yang  terletak  di  bawah permukaan kulit. Ia bekerja pada saraf superfisial dan spinal yang melintas ke otak. TENS adalah alat non invasif untuk membantu mereduksi  rasa sakit.

Mode Setting terapi  TENS, Normal,  Modulasi dan Burst.  Mode Stimulasi Normal pada pengaturan frekuensi dan lebar pulsa  konstan dengan pereda nyeri yang paling umum digunakan atau akut melalui efek gating.  Mode Stimulasi Modulasi  dimana frekuensi bervariasi antara pengaturan yang berbeda dan menggunakan siklus untuk membantu mengurangi adaptasi saraf. Ini berguna untuk pereda nyeri akut dan kronis. Mode Stimulasi Burst berguna dalam pereda nyeri kronis.

Unit  TENS  akan mengirim  sinyal pulsa  pereda  rasa sakit  dengan lebar pulsa 175us hingga 200us, mengatur Pulse Rate (Frekuensi)  adalah jumlah pulsa listrik yang akan  Anda rasakan dalam satu detik, Frekuensi  diukur  dalam  Hertz  (Hz).  Pereda  nyeri  dapat  terjadi  pada  berbagai  frekuensi.  Nyeri  akut biasanya  paling  efektif  antara  80  dan  120  Hz.  Nyeri  kronis  juga  dapat  mengambil  manfaat  dari pengaturan yang lebih rendah 2 hingga 10Hz yang menstimulasi pelepasan endorphin. Pengaturan antara 35  dan  50Hz  biasanya  digunakan  untuk  merangsang  otot  untuk  memperkuat  atau  bahkan  relaksasi.

Pengaturan  pengunaan  direkomendasikan:  Nyeri  akut  (80  hingga  120Hz)  selama  30  hingga  60  menit hingga empat kali sehari;  Stimulasi otot  dan relaksasi    (35-50Hz) selama  20 hingga 30 menit hingga  dua kali  sehari,  Nyeri  kronis  (2  hingga  10Hz)  selama  30  hingga  60  menit  hingga  satu  kali  sehari.  Secara umum anda dapat menggunakan mesin TENS dengan aman sesering yang  anda mau, biasanya selama 30-60 menit hingga 4 ~ 6 kali sehari.


Keywords


gelombang pulsa elektrik; pulse rate; nyeri akut; nyeri kronis; relaksasi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.