Editorial Policies

Focus and Scope

SNAM PNJ merupakan forum diseminasi penelitian untuk bertukar informasi yang melibatkan akademisi, praktisi, asosiasi profesi, dan atau pemerintah sebagai sarana menciptakan perkembangan yang berkesinambungan di bidang akuntansi, perbankan, dan manajemen di era bisnis digital.

SNAM PNJ mengundang naskah pada sub area sebagai berikut:

  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Manajemen
  • Akuntansi Syariah
  • Akuntansi Sektor Publik
  • Auditing
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Keuangan dan Perbankan
  • Keuangan dan Perbankan Syariah
  • Bisnis dan Manajemen
  • Perpajakan

 

Section Policies

COVER SNAM

Checked Open Submissions Unchecked Indexed Unchecked Peer Reviewed

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Seminar Nasional Akuntansi dan Manajemen PNJ

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Informasi Umum

Sebelum direview oleh reviewer, seluruh naskah yang dikirimkan akan dievaluasi terlebih dahulu oleh tim editor (desk review). Naskah yang tidak memenuhi kriteria dan tidak sesuai dengan focus and scope serta topik yang diangkat pada SNAM PNJ tahun berjalan, tim editor dapat menolak naskah tersebut tanpa melanjutkan proses peninjauan kepada reviewer. Seluruh naskah yang masuk ke SNAM PNJ akan di-skrining plagiarisme dengan menggunakan Ithenticate/ Turnitin. Naskah yang memiliki tingkat kemiripan 25% pada pengecekan plagiarism akan otomatis tertolak. Sedangkan, naskah yang memenuhi kriteria akan diproses ke tahap double blind review.

Tim editor membuat keputusan berdasarkan rekomendasi reviewer dengan beberapa kemungkinan: diterima, membutuhkan revisi, atau ditolak. Tim editor SNAM PNJ memiliki kewenangan untuk memutuskan naskah yang diterima untuk dipresentasikan di SNAM PNJ.

Kriteria Publikasi

SNAM PNJ memiliki sejumlah kriteria umum, diantaranya sebagai berikut:

  • Sejalan dengan focus and scope utama serta topik yang diangkat pada SNAM PNJ tahun berjalan, yaitu penelitian terapan di bidang akuntansi, keuangan, perbankan, manajemen, atau area lain yang terkait dengannya juga dapat dipertimbangkan;
  • Memberikan kontribusi empiris dan praktis di bidang akuntansi, keuangan, perbankan, manajemen, atau area lainnya yang terkait. Preferensi diberikan kepada naskah yang menguji, mengevaluasi, atau berinovasi pada strategi atau solusi praktis bagi kepentingan penerapan keilmuan dan praktik di bidang akuntansi, keuangan,perbankan, manajemen, atau area lainnya yang terkait;
  • Memberikan bukti yang kuat pada hasil dan kesimpulan penelitian;
  • Menggunakan metode penelitian empiris, baik metode kualitatif, kuantitatif, observasi lapangan, pengujian laboratorium, atau kombinasi beberapa metode

Proses Peer Review

Proses peer review naskah SNAM PNJ melalui beberapa tahapan, yaitu sebagai berikut:

  • Penulis menyerahkan naskah. Penulis dapat mengirimkan naskah ke tim editor SNAM PNJ melalui website prosiding SNAM PNJ. Proses review naskah dilakukan secara online dan penulis harus registrasi dan membuat akun personal terlebih dahulu. Proses registrasi dapat dilakukan melalui tab REGISTER.
  • Desk review. Naskah yang sudah masuk ke tim editor SNAM PNJ akan dilakukan desk review terlebih dahulu. Desk review merupakan proses evaluasi pendahuluan oleh tim editor SNAM PNJ. Hal ini dilakukan untuk menghemat waktu baik bagi penulis ataupun reviewer, yaitu hanya naskah yang memenuhi kriteria tim editor saja yang akan melalui proses review formal oleh reviewer. Hasil keputusan evaluasi desk review dapat berupa “naskah ditolak”, “naskah dilanjutkan ke proses double blind review” atau “naskah dikembalikan untuk direvisi dan dire-submit”. Semua keputusan merupakan kewenangan tim editor SNAM PNJ.
  • Proses double-blind peer review. Naskah yang lolos proses desk review, tahap berikutnya naskah tersebut akan di-review oleh satu atau dua orang reviewer. Reviewer tidak mengetahui identitas penulis naskah yang ia review, sama halnya dengan penulis juga tidak mengetahui identitas reviewer naskahnya (double blind review)Reviewer diizinkan memberikan umpan balik dan rekomendasi kepada penulis untuk mengubah/ memperbaiki isi naskahnya. Apabila kedua reviewer memiliki pandangan dan atau saran yang berbeda/ saling bertentangan, maka tim editor akan membuat keputusan atau rekomendasi langsung. Tim editor akan mencoba mengevaluasi kekuatan argument yang diberikan oleh setiap reviewer. Tim editor pun dapat menghubungi kedua reviewer kembali untuk mendapat masukan lebih lanjut, khususnya dalam hal jika mereka tidak saling setuju sama lain atau penulis yakin ia telah disalahpahami. Oleh karena itu, dalam hal ini tim editor akan meminta kesediaan reviewer menindaklanjuti situasi tersebut. Namun demikian, tim editor sangat menyadari bahwa reviewer biasanya enggan terlibat dengan sengketa berkepanjangan, maka tim editor akan berusaha sebaik mungkin menjaga komunikasi dan konsultasi sesuai kebutuhan. Ketika reviewer setuju untuk menilai suatu naskah, maka tim editor menganggap hal tersebut sebagai komitmen mereka untuk meninjau naskah dan revisi selanjutnya hingga naskah tersebut memenuhi standar dan layak diseminarkan di SNAM PNJ. Jika reviewer tampak belum melakukan upaya serius untuk meninjau naskah yang telah dikirim, tim editor berwenang untuk mengalihkan naskah tersebut ke reviewer lain untuk ditinjau. Setiap perubahan yang dibutuhkan pada naskah asli akan dinyatakan dengan jelas untuk ditindaklanjuti oleh penulis. Penulis harus cermat memeriksa struktur kalimat, kelengkapan dan keakuratan teks, data, referensi, table, grafik, dan seluruh konten naskah yang direvisi. Tim editor pun berhak untuk memperbaiki/ mengubah semua aspek gaya dan format penulisan. Jika ada terlalu banyak kesalahan penulisan (seperti ejaan atau tanda baca), naskah akan dikembalikan ke penulis untuk direvisi sebelum dikirim ulang.
  • Keputusan editor. Keputusan editor bukan melalui perhitungan suara (voting) atau penilaian pemeringkatan atau mengikuti rekomendasi mayoritas. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab editor kepada peserta dan komunitas peneliti untuk memutuskan dengan cara terbaik. Berdasarkan umpan balik reviewer, editor akan menerima atau menolak sebuah naskah dengan beberapa kondisi sebagai berikut:
  1. Menerima tanpa revisi,
  2. Menerima dengan revisi untuk menyelesaikan masalah khusus pada naskah mereka,
  3. Menolak naskah, biasanya atas dasar kurangya orisinalitas, konsep yang tidak memadai, atau masalah teknis dan atau interpretasi.
  • Konfirmasi ke penulis. Baik naskah yang diterima atau ditolak, tim editor akan mengirimkan surat keputusan resmi kepada penulis. 

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.